SOSIALISASI SISTEM PENYETORAN PENERIMAAN NEGARA KPKNL PURWAKARTA

Pengenalan Modul Penerimaan Negara Generasi 2


Diunggah oleh : M. Muharram Arif Tanggal : 1 Juni 2016 Update : 2 Juni 2016, pukul 15:48 Dibaca : 880 kali
Pengenalan  Modul Penerimaan Negara Generasi 2

Purwakarta - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta melaksanakan Sosialisasi Penerimaan Negara Secara Elektronik (MPN G2). Sosialisasi dilaksanakan pada Rabu 1 Juni 2016. Peserta sosialisasi ini adalah kantor pegadaian di wilayah kerja KPKNL Purwakarta yang berjumlah 13 peserta.

Acara dimulai pukul 09.15 WIB, dilanjutan dengan sambutan Adriana Viveryanti, Kepala KPKNL Purwakarta, dalam sambutannya Adriana Viveryanti menyampaikan aplikasi MPN G2 merupakan sistem baru yang diimplementasikan. Aplikasi ini merupakan penyempurnaan dari sistem penerimaan negara sebelumnya (MPN G1 dan MPN G 1.5), sistem ini memudahkan para wajib pajak dan penyetor penerimaan negara lainnya untuk melakukan penyetoran ke kas negara melalui setoran tunai di bank, melalui ATM, melalui internet banking atau melalui mesin Electronic Data Capture (EDC). MPN G-2 mirip seperti transaksi online semisal pembelian tiket pesawat.

Dipandu Esti Afiarini selaku moderator, Tri Wahyuningsih Bendahara Penerimaan KPKNL Purwakarta dan Mukti Widodo selaku narasumber menyampaikan sistem ini menggunakan sistem billing  yang berfungsi melakukan pengadministrasian data pembayar dan pembayaran, memfasilitasi proses awal dari keseluruhan proses pembayaran dan penyetoran pendapatan negara. Penyetor penerimaan negara terlebih dahulu harus mendapatkan kode billing dengan mendaftarkan setoran mereka ke alamat https://sse.pajak.go.id/ atau https://simponi.kemenkeu.go.id. Selanjutnya, proses penyelesaian pembayaran, rekonsiliasi hingga penyampaian data-data kepada stakeholders.

KPKNL Purwakarta berharap sosialisasi ini bermanfaat dan para peserta dapat segera menggunakan Aplikasi MPN G2 pada unit kerja masing-masing.(penulis/foto: arif; edit: Kasi HI)-y

 

 

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :