PENGELOLAAN KEKAYAAN NEGARA

Sosialisasi Pengelolaan BMN, Pengurusan Piutang Dan Lelang Negara Kepada Satker KPKNL Purwokerto


Diunggah oleh : Sri Supangati Tanggal : 1 Desember 2016 Update : 1 Desember 2016, pukul 16:29 Dibaca : 785 kali
Sosialisasi Pengelolaan BMN, Pengurusan Piutang  Dan Lelang Negara Kepada Satker KPKNL Purwokerto

Purwokerto - Selasa, (28/11), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwokerto mengadakan sosialisasi pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), pengurusan piutang dan lelang negara kepada Satuan Kerja (satker) Pengguna di wilayah kerjanya. Tujuan sosialisasi gabungan dari 3 (tiga) fungsi teknis ini adalah untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada stakeholders mengenai tugas pokok dan fungsi KPKNL Purwokerto.

Sosialisasi dilaksanakan di Aula KPKNL Purwokerto, dengan dihadiri oleh para undangan perwakilan dari 60 satker di wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara,  Kebumen, Purworejo dan Wonosobo.

Kepala KPKNL Purwokerto Edy Suyanto menyampaikan sosialisasi dilaksanakan dalam rangka persiapan rekonsiliasi BMN semester II/ tahunan tahun 2016. “Pelaporan harus lebih simple dan tepat waktu, sehingga dipersiapkan sebaik mungkin, karena laporan BMN dari satker akan mempengaruhi nilai Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP),”ungkapnya.

Edy juga memaparkan tentang DJKN sebagai revenue center yang didorong untuk menghasilkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dengan menjadikan aset negara sebagai penopang penerimaan negara, salah satunya dengan pemanfaatan aset.

Selain itu sumber lain yang menghasilkan PNBP adalah dari pengurusan piutang dan lelang yang dalam kesempatan kali ini akan disosialisasikan sebagai penambah wawasan bagi satker yang hadir. Terakhir Edy mengharapkan sinergi yang semakin erat dan baik dari seluruh satker.

Sebelum acara inti dimulai, dilakukan penyerahan Surat Persetujuan Pemanfaatan BMN dan Hibah dalam rangka Gerakan Optimalisasi Aset Negara. Penyerahan secara simbolis oleh Kepala KPKNL Purwokerto kepada beberapa perwakilan satker.

Sosialisasi yang pertama yaitu terkait pengelolaan BMN disampaikan oleh, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Bambang Sudarnadi dan staf nya Fatah Rochman. Bambang membawakan materi Pengawasan dan Pengendalian. Sedang materi terkait Persiapan Rekonsiliasi Semester II 2016 disampaikan oleh Sri Agustinah dan Erike Tresnandianty, keduanya Pelaksana pada Seksi PKN.

Sesi selanjutnya sosialisasi pengurusan piutang negara disampaikan oleh Kepala Seksi Piutang Negara, Arif Wicaksono. Arif menjelaskan secara gamblang prosedur, tata cara dan hal-hal terkait pengurusan piutang negara. Dilanjutkan sosialisasi lelang oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Diah Sulastini Rochimah, yang menyampaikan materi tentang lelang terutama lelang non eksekusi wajib penghapusan BMN.  Acara sosialisasi diakhiri dengan sesi tanya-jawab. (Teks : Ipang/Foto :Bayu)

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :