ORGANISASI DAN KINERJA

Komunikasi dan Diskusi, Hakikat Dialog Kinerja Individu


Diunggah oleh : Akhmad Abrori Tanggal : 30 Maret 2017 Update : 31 Maret 2017, pukul 10:59 Dibaca : 1.263 kali
Komunikasi dan Diskusi, Hakikat Dialog Kinerja Individu

Tangerang – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang kembali menjadi tuan rumah pada event penting yang diselenggarakan Kanwil DJKN Banten. Kegiatan bertajuk Sosialisasi  e-Performance terkait implementasi Dialog Kinerja Individu (DKI) dan Sosialiasi Aplikasi Bidang Kesekretariatan ini diselenggarakan pada 29 - 30 Maret 2017.

Acara diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Tangerang dan perwakilan pegawai dari KPKNL Serpong serta dibuka oleh Kepala KPKNL Tangerang, Tatang Maulana. “Para pemimpin di jajaran Kementerian Keuangan sebenarnya telah menerapkan coaching dalam berbagai bentuk komunikasi dengan bawahannya. Hal ini bertujuan agar jangan ada batas antara atasan dan bawahan. Hanya saja belum terdokumentasikan secara presisi. Terkait dengan hal tersebut, maka diciptakan aplikasi. Gunanya adalah untuk mereport coaching tersebut,” ujar Tatang mengawali sambutannya.

Sosialisasi Dialog Kinerja Organisasi (DKI) disampaikan oleh Kepala Bagian Umum, Kusumawardhani didampingi staf, Ilhamdi Saputra. Dalam kesempatan tersebut, Daniek, begitu sapaan akrab wanita berkerudung itu mengingatkan kepada semua pegawai untuk merekam Kontrak Kinerja (KK)  pada aplikasi e-performance sehingga dapat melakukan input data pada menu Dialog Kinerja Individu.

“Hakikat Dialog Kinerja Individu merupakan komunikasi langsung antara atasan dengan bawahan guna mendiskusikan kinerja individu yang bertujuan untuk mencapai target kinerja, antara lain : mereviu kinerja pegawai, mengarahkan dan memotivasi pegawai, mengubah cara berpikir dan bertindak dengan memperjelas ekspektasi kinerja, meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan kinerja serta pengembangan pegawai itu sendiri,” tutur Daniek. “Diharapkan tidak menghilangkan hakikat DKI hanya dengan sekonyong-konyong menginput rencana aksi pada aplikasi. Di mana letak coaching dari atasan, ataupun kontribusi staf dalam memetakan strategi pencapaian IKU. Melalui diskusi juga akan bangkit potensi/kompetensi pegawai,” imbuhnya.

Selanjutnya, Singgih Tri Wibowo, staf pada Sub Bagian Kepegawaian Kanwil DJKN Banten menyampaikan materi Bidang Kesekretariatan antara lain mengupas aplikasi cuti on line dan perjalanan dinas. Bahwa telah tersedia menu cuti online yang merupakan salah satu menu pada Aplikasi E-Prime. Terhitung mulai bulan Maret 2017, cuti pegawai dapat diakses dengan menggunakan aplikasi Cuti Online sehingga diharapkan semua pegawai dapat memanfaatkannya.

Singgih juga menyampaikan materi terkait perjalanan dinas, yang dikenal dengan sebutan Aplikasi Aladin. Dalam penjelasannya, dasar penerapan Aplikasi Aladin adalah Peraturan Menteri Keuangan tentang tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Tujuan Aplikasi Aladin yaitu untuk mewujudkan tertib administrasi Surat Tugas, mewujudkan tertib administrasi penerbitan Surat Perjalanan Dinas, dan mewujudkan tertib administrasi pertanggungjawaban biaya perjalanan dinas.

Di akhir acara, Kepala KPKNL Tangerang berpesan agar semua pegawai lebih aktif,  memperhatikan dan mencermati materi yang disampaikan untuk menambah pengetahuan demi kelancaran dalam pelaksanaan tugas serta kemajuan organisasi.


Naskah/Foto : Apit Rina Wahidah/Cahyo Pambudi

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :