KEKAYAAN NEGARA DIPISAHKAN

Satu Lagi Aset Eks IJJDF di Papua Barat Terselesaikan


Diunggah oleh : Yotam Ingratubun Tanggal : 22 Januari 2017 Update : 24 Januari 2017, pukul 08:42 Dibaca : 641 kali
Satu Lagi Aset Eks IJJDF di Papua Barat Terselesaikan

Jayapura - Serah Terima Aset Eks Yayasan Kerjasama Untuk Pembangunan Irian Jaya (The Irian Jaya Joint Development Foundation/IJJDF) Nomor 3 yang berlokasi di  Jalan Gunung Salju, Desa Fanindi, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat (Aset No. 3) berupa sebidang tanah dengan luas sebesar ± 3.500 m² dan diatasnya terdapat bangunan gudang dengan luas 163 m² kepada Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat akhirnya selesai dilaksanakan.

Dasar pelaksanaan serah terima adalah Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 01/KM.6/WKN.17/TPTD-IJJDF/2016 tentang Penyelesaian Status Aset Eks. Yayasan Kerjasama Untuk Pembangunan Irian Jaya (The Irian Jaya Joint Development Foundation/IJJDF) Dengan Cara Pemantapan Status Hukum Sebagai Barang Milik Negara tanggal 6 Desember 2016.

Acara yang berlangsung tertib dan khidmat tersebut dipimpin oleh Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si dan Kepala Kanwil DJKN Papua dan Maluku.

Sebelum penandatanganan Berita Acara Serah Terima, Kepala Polda Papua Barat menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kanwil DJKN Papua dan Maluku atas penyerahan aset tersebut, yang rencananya akan dimanfaatkan sebagai Gudang Penyimpanan Barang Bukti.

Kapolda mengakui bahwa sampai saat ini Kantor Polda Papua Barat sangat kekurangan khususnya dalam hal sarana dan prasarana infrastruktur, sehingga penyerahan ini tentu dirasa sangat membantu khususnya untuk jajaran Polda Papua Barat. Kapolda juga berjanji akan senantiasa turut membantu Kanwil DJKN Papua dan Maluku dalam menyelesaikan dan mengamankan aset eks IJJDF ini.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kanwil DJKN Papua dan Maluku, Arik Hariyono menyampaikan pula sejarah singkat Yayasan Kerjasama Untuk Pembangunan Irian Jaya (IJJDF) dari awal pembentukannya hingga aset tersebut dilikuidasi dan pengelolaannya berada di DJKN c.q. Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan dan Kanwil DJKN Papua dan Maluku.

Arik juga menyebutkan masih terdapat beberapa aset serupa yang berada di wilayah Papua Barat, khususnya Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan yang belum terselesaikan. Pria yang sebelumnya menjabat Kepala KPKNL Jakarta III tersebut ke depannya sinergi dengan Polda Papua Barat akan tetap terjaga dengan baik.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aset eks. IJJDF ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPBN) Provinsi Papua Barat serta seluruh pejabat utama di lingkup Polda Papua Barat. Adapun sebagai saksi yang menandatangani Berita Acara dimaksud adalah Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Papua dan Maluku, Sudirman dan Kepala Biro Sarpras Polda Papua Barat, Kombespol Ir. Soedaryono.


Penulis : Arkhei Rahman Safirando

 

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :