PELAYANAN LELANG

Samakan Persepsi Guna Meminimalkan Risiko Hukum


Diunggah oleh : Andry Cahyo Indarto Tanggal : 18 Oktober 2016 Update : 19 Oktober 2016, pukul 09:06 Dibaca : 750 kali
Samakan Persepsi Guna Meminimalkan Risiko Hukum

Makassar – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar mengadakan sosialisasi peraturan terkait lelang eksekusi hak tanggungan Senin (17/10). Sosialisasi bertajuk  Membangun Sinergi Melalui Pemahaman Yang Sama Terhadap Peraturan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan Guna Meminimalkan Risiko Hukum ini dihadiri oleh perwakilan Perbankan selaku Pemohon Lelang yang berada di wilayah kerja KPKNL Makassar.

“Lelang merupakan pelaksanaan law inforcement yang harus ditunjang dengan administrasi yang baik dan akuntabel,” kata Kepala KPKNL Makassar Chairiah. Legalitas formal subjek dan objek lelang juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh Pejabat Lelang dan Pemohon Lelang yang diwakili oleh Pejabat Penjualnya pada saat pelaksanaan lelang. Demikian Chairiah menjelaskan.

Perempuan lulusan Magister Hukum Universitas Hasanuddin Makassar ini juga menyampaikan harapannya kepada peserta sosialisasi untuk turut wujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan oleh 2 Pejabat Lelang KPKNL Makassar dengan sesi materi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk pelaksanaan Lelang yang disampaikan oleh Arik Istoto dan sesi pemaparan mengenai teknis pelaksanaan lelang eksekusi pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan yang dibawakan oleh Onding.

Kesamaan persepsi diharapkan dapat meminimalkan resiko hukum dan mengubah paradigma berpikir bahwa pelaksanaan lelang bukan sekadar memenuhi upaya penagihan akan tetapi pelaksanaan suatu ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (archid/kpknlmakassar)

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :