REFLEKSI DAN APRESIASI PENGELOLAAN BMN DAN LAUNCHING KANTOR MODERN BERSTANDAR ISO 9001:2015

Modernisasi Layanan menuju Pengelolaan Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel


Diunggah oleh : Iman Harris Wijaya Telaumbanua Tanggal : 18 November 2016 Update : 21 November 2016, pukul 14:28 Dibaca : 1.494 kali
Modernisasi Layanan menuju Pengelolaan Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel

Medan (17-11-2016)- "Benang diikat pada layang-layang, layang-layang putus jatuh di pohon bidara. Selamat kepada para pemenang, terus berprestasi menjaga aset negara", demikian pantun yang dilantunkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Utara, Mahmudsyah. Kakanwil DJKN Sumut melaporkan pelaksanaan kegiatan yang bertajuk Refleksi dan Apresiasi Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) di Aula Gedung Keuangan Negara Medan, 17 November 2016. Acara ini merupakan agenda tahunan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014.

Mahmudsyah menyampaikan bahwa acara ini penting dilakukan karena berdasarkan monitoring dan evaluasi terjadi tren positif dalam penatausahaan dan pengelolaan BMN. Tren positif ini ditandai dengan  semakin meningkatnya kepatuhan satuan kerja dalam rekonsiliasi BMN dan meningkatnya efektifitas dalam kegiatan pengelolaan BMN berupa penetapan status penggunaan, pemanfaatan BMN, bangun serah guna, dan lain-lain.

Senada dengan Mahmudsyah, Direktur Barang Milik Negara DJKN, Chalimah Pujihastuti, mewakili Direktur Jenderal Kekayaan Negara dalam amanatnya menyampaikan bahwa tren positif kinerja penatausahaan dan pengelolaan BMN dari tahun ke tahun merupakan  refleksi dari kerja keras dan kontinuitas usaha Kementerian/Lembaga.” Oleh karena itu kami selaku wakil Pemerintah wajib memberikan apresiasi atas capaian kinerja K/L dengan disertai harapan besar atas terealisasinya tertib administrasi, tertib fisik, dan tertib hukum dalam pengelolaan BMN”, tambah Bu Iim, demikian Direktur BMN akrab dipanggil.  Kerja keras dan kerja cerdas seluruh jajaran satker telah membuahkan hasil yang patut diapresiasi, namun hal tersebut jangan membuat terlena dan berpuas diri karena tantangan ke depan semakin berat.

Dari sisi Pengelola Barang, DJKN senantiasa meningkatkan tata kelola aset, baik dari segi peraturan maupun pelaksanaannya. Dalam beberapa tahun terakhir, DJKN telah menyempurnakan regulasi Pengelolaan BMN dan tiada henti meningkatkan optimalisasi Pengelolaan BMN, sehingga peran sentral BMN dalam efisiensi dan efektivitas APBN dapat terwujud dan dilaksanakan Kementerian/Lembaga sampai ke tingkat satuan kerjanya. Chalimah menyebutkan “Penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah sebagai pengganti PP Nomor 6 tahun 2006 merupakan tonggak baru bagi pengelolaan BMN yang lebih baik. PP ini menyiratkan adanya keinginan Pemerintah untuk meningkatkan kontribusi pengelolaan BMN bagi kemakmuran rakyat melalui transformasi dari asset administrator menjadi asset manager. Paradigma  baru pengelolaan BMN dalam PP Nomor 27 tahun 2014 meliputi pengaturan perencanaan kebutuahan BMN, pengenaan beban pengelolaan (capital charge) atas penggunaan BMN oleh K/L, penyederhanaan birokrasi pengelolaan BMN, pemanfaatan BMN untuk infastruktur, asuransi atas BMN, dan penerapan indeks kinerja atas pengelolaan BMN pada /K/L.”

Acara dihadiri pula oleh Direktur Hukum dan Humas Hady Purnomo yang turut menyaksikan launching Kanwil DJKN Sumut sebagai Kantor Modern berstandar ISO 9001:2015 yang ditandai dengan adanya pemberian sertifikat ISO 9001:2015 oleh  lembaga independen yang berkompeten untuk menerbitkan sertifikat standar mutu pelayanan. Dengan pencapaian ini, Kanwil DJKN Sumatera Utara menyatakan diri sebagai instansi yang berkomitmen penuh dalam meningkatkan pelayanan prima kepada stakeholder.

Refleksi dan Apresiasi Pengelolaan BMN di Kanwil DJKN Sumut ini memberikan  penghargaan kepada satuan kerja di lingkup Kanwil DJKN Sumut yang memenuhi kriteria terbaik dalam beberapa kategori di bidang Pengelolaan BMN, yaitu (1) terbaik dalam Pengelolaan BMN, (2) terbaik dalam Penatausahaan BMN, (3) Peer Collaboration (Kerjasama Bersinergi) dan (4) Continuous Improvement (Tata Kelola berkesinambungan).

Adapun satuan kerja yang mendapatkan peringkat terbaik dan mendapatkan apresiasi dalam setiap kategori yaitu :
1. Kategori Penatausahaan BMN Tingkat Koordinator Wilayah 2015 : Juara I Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Juara II  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Juara III Kantor Wilayah Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara.
2. Kategori Pengelolaan BMN Tingkat Koordinator Wilayah 2015 : Juara I Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara, Juara II Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara, Juara III Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di
Medan.
3. Kategori Peer Colaboration : Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.
4. Kategori Continuous Improvement : Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Utara dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I.
5. Penatausahaan BMN Tingkat Satker, KPKNL Medan 2015 : Juara I Sekolah Polisi Negara Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Juara II: Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan, Juara III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bintang
Bayu.
6. Pengelolaan BMN BMN Tingkat Satker, KPKNL Medan 2015 : Juara I Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Juara II Pendidikan Teknologi Kimia Industri Medan, Juara III Balai
Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Wampu Sei Ular.
7. Penatausahaan BMN Tingkat Satker, KPKNL Pematang Siantar 2015 : Juara I Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Pematang Siantar, Juara II Pengadilan Agama Pematang Siantar, Juara III Kejaksaan Negeri Toba Samosir.
8. Pengelolaan BMN Tingkat Satker, KPKNL Pematang Siantar 2015 : Juara I Kantor Pertanahan Kabupaten Toba Samosir, Juara II: Madrasah Aliyah Negeri Pematang Siantar, Juara III: Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan
Hutan Lindung Asahan Barumun.
9. Penatausahaan BMN Tingkat Satker, KPKNL Kisaran 2015 : Juara I Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Rantauprapat, Juara II: Madrasah Aliyah Negeri Kisaran, Juara III: Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Sei
Berombang.
10. Pengelolaan BMN Tingkat Satker, KPKNL Kisaran 2015 : Juara I: Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan, Juara II: Madrasah Aliyah Negeri Aek Natas, Juara III: Madrasah Tsanawiyah Negeri Bilah Rantauprapat.
11. Penatausahaan BMN Tingkat Satker, KPKNL Padangsidimpuan 2015 : Juara I Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pulau Tello, Juara II Pengadilan Negeri Mandailing Natal, Juara III: Madrasah Aliyah Negeri Dolok Sanggul
12. Pengelolaan BMN Tingkat Satker, KPKNL Padangsidimpuan 2015 : Juara I Kantor Pertanahan Kabupaten Tapanuli Selatan, Juara II Pengadilan Agama Pandan, Juara III Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Pandan.

Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini akan lebih meningkatkan motivasi pengelolaan dan penatausahaan BMN serta seluruh satuan kerja agar berperan secara aktif dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam Pengelolaan BMN, meningkatkan Kepatuhan terhadap pelaksanaan Peraturan Pengelolaan BMN, serta meningkatkan intensitas koordinasi antara Pengelola dan Pengguna Barang. (tim peliputan Kanwil DJKN Sumut edited mazhar)

 

  • Media Sosial Kami :