DJKN MENERIMA PENGHARGAAN

Rakernas Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2013 Membangun Sinergi Menuju WTP


Diunggah oleh : Danny Hermanto Moerdo Koesoemo Tanggal : 16 September 2013 Update : 19 September 2013, pukul 09:51 Dibaca : 643 kali
Rakernas Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2013 Membangun Sinergi Menuju WTP

Jakarta – Kamis 12 September 2013, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2013 bertempat di Gedung Dhanapala, jalan Senen Raya nomor 1, Jakarta Pusat. Acara yang bertema “Membangun Sinergi Menuju WTP” (Wajar Tanpa Pengecualian–red) dimulai  pukul 08.30 WIB dan resmi dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Boediono.

Pada rapat pleno sesi I, Menteri Keuangan Chatib Basri dalam laporan keuangan daerah memaparkan bahwa pada tahun 2012 terdapat 69 Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) milik Kementerian Negara/Lembaga (K/L) yang memperoleh opini WTP pada dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sedangkan pemerintah daerah (Pemda) berhasil menyajikan 116 Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan opini WTP. Wapres Boediono dalam sambutannya sangat mengapresiasi K/L dan Pemda yang telah mencapai kualitas terbaik dalam laporan keuangannya, capaian tersebut hendaknya dipertahankan pada tahun-tahun mendatang.

Pada rapat pleno Sesi II, Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Hadiyanto bertindak selaku moderator dalam pembahasan topik Membangun Sinergi dalam Pengelolaan Keuangan Negara di Lingkungan Pemerintahan Pusat. Narasumber dalam sesi ini adalah Ki Agus Badaruddin selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan dan Askolani selaku Direktur PNBP Ditjen Anggaran “Sinergi pelaksanaan anggaran di pemerintah pusat sangat penting tidak saja dalam pelaksanaan anggaran tapi dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporannya.” demikian tambahan dari Hadiyanto selaku Dirjen KN. Berkaitan dengan pengelolaan BMN, “Dalam waktu yang tidak lama lagi perencanaan anggaran akan dikombinasikan dengan perencanaan barang milik negara, sehingga K/L harus mengintegrasikan perencanaan anggaran dengan perencanaan pengadaan barang milik negara.” papar Hadiyanto.

Rakernas ditutup pada malam hari setelah acara Malam Apresiasi Seni, dan pemberian piagam perhargaan kepada K/L yang memperoleh opini WTP untuk laporan keuangan tahun 2012. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara selaku Bendahara Umum – Investasi Pemeritah mendapat penghargaan atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2012 dengan Capaian Standar Tertinggi dalam Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah. Piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Dirjen KN, Hadiyanto.

(Penulis: danny / Foto : okka, johan)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :