PELAYANAN LELANG

Percepat Penyampaian Laporan, Direktorat Lelang Selenggarakan IHT bagi Pejabat Lelang Kelas II


Diunggah oleh : Wifda Indriani Tanggal : 1 Februari 2017 Update : 1 Februari 2017, pukul 15:51 Dibaca : 468 kali
Percepat Penyampaian Laporan, Direktorat Lelang Selenggarakan IHT bagi Pejabat Lelang Kelas II

Jakarta – Dalam rangka percepatan penyampaian informasi dan digitalisasi dokumen lelang, Direktorat Lelang melakukan In House Training pelaporan dengan menggunakan sharing folder bagi para Pejabat Lelang Kelas II di lingkungan Jabotabek.

Bertempat di Ruang Serba Guna Kanwil DJKN DKI Jakarta, acara tersebut tidak hanya dihadiri oleh Pejabat Lelang Kelas II yang memang aktif melakukan lelang untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek), namun juga dihadiri oleh Kanwil DJKN DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Acara tersebut diawali dengan sambutan oleh N. Eko Laksito, Kasubdit Bina Lelang III mewakili Direktur Lelang Lukman Effendi. Dalam sambutannya, Eko menyampaikan bahwa sekitar 53% dari keseluruhan 164 orang Pejabat Lelang Kelas II di seluruh Indonesia tidak aktif melaksanakan lelang. Angka tersebut memberikan gambaran bahwa sebagian besar Pejabat Lelang Kelas II belum melakukan penggalian potensi lelang secara optimal.

“Hal ini sangat disayangkan, padahal peran besar pengembangan Lelang Noneksekusi Sukarela, ada di tangan Saudara Saudara sekalian” tegas Eko di hadapan para Pejabat Lelang Kelas II.

Selain ketidakaktifan sebagian besar Pejabat Lelang Kelas II, Eko juga menyinggung mengenai kepatuhan pelaporan Pejabat Lelang Kelas II. Dia menyatakan bahwa berdasarkan data yang diterima Direktorat Lelang, kurang dari 50 % Pejabat Lelang Kelas II yang tidak tertib menyampaikan  laporan, bahkan hanya sebagian kecil yang tepat waktu.

“Artinya awareness Saudara belum tinggi, ini sungguh disayangkan. Karena dengan demikian kontribusi Saudara yang tidak dilaporkan tersebut tidak ter-capture sebagai prestasi lelang sebagai tolak ukur kinerja Saudara dan potret perkembangan Lelang Noneksekusi Sukarela” jelasnya lagi.

Eko menjelaskan bahwa sesuai dengan Roadmap Direktorat Lelang tahun 2017 yaitu Optimalisasi Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, penggunaan pelaporan dengan tools sederhana berformat file excel dengan menggunakan sharing folder dropbox diharapkan dapat memperlancar proses pelaporan Pejabat Lelang Kelas II. Tentunya, dengan mekanisme pelaporan tersebut dapat memberikan kemudahan bagi para Pejabat Lelang Kelas II dalam pembuatan dan penyampaian laporan sehingga menjadi lebih tertib dan tepat waktu.

Dalam acara tersebut, pemaparan dilanjutkan oleh Wifda Indriani Kepala Seksi Bina Lelang IIIB yang menjelaskan mengenai mekanisme pelaporan dan standarisasi bentuk laporan yang disampaikan Pejabat Lelang Kelas II. Luhur Nugroho Kepala Seksi Bina Lelang IIB sebagai pengisi materi juga turut memaparkan mengenai mekanisme pelaporan elektronik dengan menggunakan  sharing folder dropbox serta cara pengisian laporan dengan menggunakan file excel yang telah distandardisasi oleh Direktorat Lelang.

Selesai pemaparan, para Pejabat Lelang Kelas II melakukan praktek simulasi menggunakan data yang dibawa dan terlihat cukup antusias memanfaatkan tools yang telah disediakan oleh Direktorat Lelang ini. (Dit.Lelang.DJKN)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :