PENYERAHAN HASIL PENILAIAN DALAM RANGKA REVALUASI ASET PT INALUM TAHAP II

Kanwil DJKN Sumatera Utara Sebagai Pionir Dalam Melaksanakan Revaluasi Aset BUMN


Diunggah oleh : Iman Harris Wijaya Telaumbanua Tanggal : 26 Mei 2016 Update : 30 Mei 2016, pukul 08:13 Dibaca : 1.013 kali
Kanwil DJKN Sumatera Utara Sebagai Pionir Dalam Melaksanakan Revaluasi Aset BUMN

Bertempat di ruang rapat PLTA Sigura-gura, Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, tanggal 16 Mei 2016 Kanwil DJKN Sumatera Utara menyerahkan hasil penilaian atas aset PT.Inalum tahap II yang diserahkan Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara Mahmudsyah kepada Direktur Keuangan PT. Inalum Ogi Ahmad Kosasih dengan disaksikan oleh Direktur Penilaian DJKN Meirijal Nur.
Dalam sambutannya Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara menyampaikan bahwa penilaian aset PT. Inalum yang ditujukan dalam rangka revaluasi aset untuk tujuan perpajakan telah diselesaikan oleh Penilai Pemerintah di lingkungan Kanwil DJKN Sumatera Utara. Untuk tahap I laporan penilaian telah disampaikan pada tanggal 12 April 2016 di Kantor PT. Inalum, Kuala Tanjung   dengan jumlah laporan yang diserahkan berjumlah 701 laporan penilaian untuk penilaian aset yang berjumlah 4.052 aset yang terdiri dari 1.738 bangunan, 462 struktur dan 2.297 mesin termasuk di dalamnya adalah bangunan pabrik dan pelabuhan PT. Inalum. Sementara untuk tahap II jumlah laporan penilaian yang disampaikan berjumlah 49 laporan dengan jumlah aset  35 bangunan, 44 struktur dan 445 mesin termasuk didalamnya Regulating Dam Siruar, Bendungan Tangga dan Bendungan Siguragura.

Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Sumatera Utara Ari Fitri Mahesa dalam pemaparannya  menyampaikan hasil penilaian yang telah dilaksanakan dari tahap I sampai dengan tahap II. Dimulai dari tahapan survey lapangan, pengumpulan data dan informasi, serta penyusunan laporan penilaian. Disampaikan juga analisis data yang dilakukan sampai dengan terbentuknya nilai atas aset PT. Inalum. Besarnya jumlah aset dan kekhususan jenis aset menjadi tantangan khusus bagi Penilai Pemerintah Kanwil DJKN Sumatera Utara.

Direktur Keuangan PT. Inalum Ogi Ahmad Sujana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kanwil DJKN Sumatera Utara atas selesainya laporan penilaian aset PT. Inalum. Lebih lanjut disampaikan dengan adanya hasil laporan penilain aset tersebut PT.  Inalum terbantu untuk melakukan aksi strategis perusahaan untuk melakukan ekspansi usaha.

Mewakili Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Meirijal Nur menyampaikan apresiasi kepada Penilai Pemerintah Kanwil DJKN Sumatera Utara yang telah menuntaskan penilaian dalam rangka revaluasi aset serta menyampaikan terima kasih kepada PT. Inalum yang telah memercayakan penilaian asetnya kepada DJKN. Dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara dan Direktur Penilaian beserta seluruh rombongan berkesempatan langsung meninjau objek penilaian berupa Regulating Dam Siruar, PLTA Tangga, Tangga Dam, PLTA Siguragura dan Siguragura Dam.

Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Sumatera Utara Ari Fitri Mahesa dalam sesi presentasi menyampaikan hasil penilaian yang telah dilaksanakan dari tahap I sampai dengan tahap II. Dimulai dari tahapan survey lapangan, pengumpulan data dan informasi, serta penyusunan laporan penilaian. Dalam pemaparannya disampaikan juga analisis data yang dilakukan sampai dengan terbentuknya nilai atas aset PT. Inalum. Besarnya jumlah aset dan kekhususan jenis aset menjadi tantangan khusus bagi Penilai Pemerintah Kanwil DJKN Sumatera Utara.

Direktur Keuangan PT. Inalum Ogi Ahmad Sujana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kanwil DJKN Sumatera Utara atas selesainya laporan penilaian aset PT.Inalum. Lebih lanjut disampaikan dengan adanya hasil laporan penilain aset tersebut PT. Inalum terbantu untuk melakukan aksi strategis perusahaan untuk melakukan ekspansi usaha.
Mewakili Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Meirijal Nur menyampaikan apresiasi kepada Penilai Pemerintah Kanwil DJKN Sumatera Utara yang telah menuntaskan penilaian dalam rangka revaluasi aset serta menyampaikan terima kasih kepada PT.Inalum yang telah mempercayakan penilaian asetnya kepada DJKN. Dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara dan Direktur Penilaian beserta seluruh rombongan berkesempatan langsung meninjau objek penilaian berupa Regulating Dam Siruar, PLTA Tangga, Tangga Dam, PLTA Siguragura dan Siguragura Dam.

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :