INTERNALISASI PROYEK PERUBAHAN DI KANWIL DJKN RSK

Penyajian Data Keuangan yang Tertib, Transparan, dan Akuntabel


Diunggah oleh : Hendra Gunawan Tanggal : 22 September 2016 Update : 24 September 2016, pukul 22:34 Dibaca : 676 kali
Penyajian Data Keuangan yang Tertib, Transparan, dan Akuntabel

Pekanbaru - “Capaian output kegiatan itu tidak sama dengan jumlah surat tugas yang keluar pada bulan berjalan,” kalimat pembuka dari Kepala Subbagian Keuangan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) Ariyanto, sontak membuat peserta internalisasi kaget. “Capaian output kegiatan itu identik dengan dokumen produk layanan, bisa berupa Surat Persetujuan, Surat Rekomendasi dll. (SK PSP, SPPNS/SPPNL, Persetujuan Sewa BMN, Jawaban, Duplik dll”, lanjut Ariyanto.

Kementerian Keuangan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan memperbaiki kekurangan dalam memberikan layanan. Untuk itu, perubahan harus selalu dilakukan guna mencapai hasil yang terbaik. Acara yang dilaksanakan di ruang rapat Kanwil DJKN RSK, serta dibuka dan dipimpin oleh Kepala Bagian Umum Kanwil RSK R. Zulfi Meidiansyah, peserta yang merupakan perwakilan tiap bidang antusias mengikuti acara sosialisasi ini (19/9).

Ariyanto menggagas proyek perubahan guna memudahkan layanan di Bagian Umum khususnya di subbagian keuangan. Sosialisasi Proyek Perubahan ini menjadi bagian penting dari rangkaian kegiatan diklat Pim IV yang sedang dijalaninya, juga dilakukan dalam upaya percepatan penyajian data administrasi dan monitoring keuangan di lingkungan Kanwil DJKN RSK untuk mendukung pengelolaan keuangan yang tertib, transparan dan akuntabel. Menurut Ariyanto, pengelolaan keuangan saat ini di Kanwil DJKN RSK dirasa masih bisa ditingkatkan kualitasnya.

Ariyanto menggunakan fitur google drive spreadsheet untuk meningkatkan pelayanan di subbagian keuangan. Dengan menggunakan fitur dari google ini, subbagian keuangan dapat menyampaikan data penyerapan anggaran kepada setiap bidang. Selanjutnya masing-masing bidang dapat menginput penggunaan anggaran dan menghasilkan output kinerja masing-masing bidang. Monitoring capaian output kegiatan dan serapan DIPA dengan mudah dapat dipantau dengan aplikasi ini.

Selain digunakan selaku satuan kerja, Ariyanto juga memanfaatkan fitur google drive spreadsheet selaku koordinator wilayah dalam tugasnya untuk memonitor setiap laporan keuangan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di lingkungan kanwil DJKN RSK. Menurut Ariyanto, google drive spreadsheet merupakan teknologi informasi yang hemat dan sederhana namun aman dari sisi sekuriti data dan dapat diandalkan. Setiap data dapat diubah dari mana saja secara real time oleh para PIC yang telah ditentukan dan memiliki hak aksesnya masing-masing sesuai ketentuan. (Hendra Gunawan – KIHI)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :