KUNKER KKPNL PAREPARE KE PEMKAB SIDRAP

Penggalian potensi di lumbung beras Sulsel


Diunggah oleh : Mulyadi Tanggal : 7 Oktober 2014 Update : 10 Oktober 2014, pukul 12:53 Dibaca : 1.005 kali
Penggalian potensi di lumbung beras Sulsel

Sidrap - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pareparea mengadakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap. Kepala KPKNL Parepare didampingi Kepala Seksi Piutang Negara bersama staf melakukan penggalian potensi di daerah yang dikenal juga sebagai daerah penghasil beras terbesar di Sulawesi Selatan. Kunjungan ini bertujuan mensosialisasikan tugas dan fungsi KPKNLberupa pengurusan piutang, pelaksaan lelang dan pengelolaan BMN serta pelayanan penilaian aset, Selasa (30/9/2014). Sekda Kab. Sidrap H. Ruslan yang didampingi H. Abdul Majid Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kab. Sidrap menerima rombongan KPKNL Parepare di ruang kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap.

Kepala KPKNL Parepare Sofyan menjelaskan bahwa Pemkab Sidrap dapat menggunakan penilaian internal DJKN pada KPKNL Parepare untuk melakukan penilaian aset milik daerah dalam rangka pengelolaan BMD yang optimal. Hal ini sesuai dengan kewenangan yang dimiliki DJKN sebagaimana diatur dalam PP. No. 27 tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.

KPKNL Parepare Sofyan menjelaskan beberapa keunggulan apabila pelelangan dilakukan melalui pejabat lelang kelas satu dalam hal ini melalui KPKNL, di antaranya “cepat, mudah, kompetitif sehingga nilai yang diperoleh optimal dan aman” ujar pria penggemar olahraga tenis meja itu menjelaskan. Mendengar hal tersebut sekda kab. Sidrap nampak antusias sembari mengatakan “banyak aset-aset kami disini seperti mobil-mobil konteiner yang sudah lama rusak kita biarkan saja karna kalau mau dijual siapa juga yang mau beli.” Sofyan menimpali, “barang-barang tersebut bisa laku apabila dijual lelang dalam kondisi scrap (besi tua)”.

Sudirman Kepala Seksi Piutang Negara yang turut hadir dalam kegiatan tersebut juga menambahkan “KPKNL Parepare dapat juga menerima penyerahan piutang daerah yang selama ini masih ditangani oleh internal pemda Kab. Sidrap. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan penggalian potensi ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan meningkatkan pemahaman mengenai pengelolaan aset milik daerah maupun tata cara penghapusan atau pemindahtanganan.” Sejauh ini di KPKNL Parepare memang belum ada penyerahan berkas piutang daerah, kemungkinan karena ketidaktahuan dari pihak pemda yang berada dalam wilayah kerja KPKNL Parepare ataupun karena mereka telah membentuk tim khusus yang menangani hal tersebut. Karena sesuai ketentuan, sebelum pengurusan piutang dilimpahkan ke KPKNL pihak kreditur (pemilik hutang-red) terlebih dahulu harus mengupayakan penyelesaian secara internal.

Diakhir pertemuan yang singkat itu Sekda kab. Sidrap mengatakan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi dengan jajarannya guna menginventarisir kembali aset-aset milik daerah di kabupaten sidrap dan segera melaporkannya ke Bupati untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut. (Teks. HI/Foto-Mulyadi)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :