PEMBINAAN KEARSIPAN DAN SOSIALISASI APLIKASI

Meningkatkan Kinerja dengan Digitalisasi Data dan Proses Bisnis


Diunggah oleh : Hendra Gunawan Tanggal : 9 Juni 2016 Update : 15 Juni 2016, pukul 09:12 Dibaca : 1.002 kali
Meningkatkan Kinerja dengan Digitalisasi Data dan Proses Bisnis

Pekanbaru - “Membiasakan proses bisnis yang berbasis digital diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan produktifitas pegawai di lingkup DJKN dan Kementerian Keuangan,” ucap Ferry Hadikarya dari Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN ketika memberikan kata sambutan dalam acara Pembinaan Kearsipan, Sosialisasi SMART Gen II & Aplikasi Diklat Tahun 2016 di Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri (Kanwil DJKN RSK) pada tanggal 6 Juni 2016. Hal ini diamini oleh Zulfi Meidiansyah, Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN RSK, yang berkenan membuka acara mewakili Kepala Kanwil DJKN RSK, T. Agus Priyo Waluyo.

Ferry yang membawakan Sosialisasi Aplikasi Diklat datang bersama Aprillio Latuminggi dari Subdit PPSA Direktorat PKNSI, serta Siswo Aryanto dan Poundra Pandhu Pandhawa dari Bagian Umum Sekretariat DJKN. Mengawali acara pembinaan, Pandhu menjelaskan tentang kearsipan. Pandhu memperkenalkan metode pengarsipan baru yang telah diterapkan kantor pusat DJKN dan terbukti efektifitasnya.  "Penggunaan binder yang melubangi dokumen tidak diperkenankan karena dapat merusak arsip".

Pada session berikut,  antusiasme peserta tampak ketika Ferry membawakan sosialisasi Aplikasi Diklat. Banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta terkait dengan aplikasi dan hal lain mengenai diklat. Menurut Ferry, ketika menyetujui atau menolak diklat yang diajukan, bagian kepegawaian melihat kesesuaian tugas dan fungsi pegawai dengan diklat yang diajukan. Bahkan dimungkinkan bagi pegawai untuk dipanggil diklat walau tidak mengajukan, selama diklat tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi pegawai yang bersangkutan.

Acara diakhiri dengan sosialisasi Aplikasi Smart Gen II yang dibawakan oleh April dan Siswo. Saat ini aplikasi Smart sudah terintegrasi dengan akun SSO dan absensi, serta diutamakan untuk kepentingan persuratan. Namun menurut April, ke depannya Aplikasi Smart akan terintegrasi dengan beberapa aplikasi lainnya yang telah ada di DJKN. Aplikasi Smart diharapkan dapat menjadi aplikasi utama yang digunakan oleh seluruh pegawai DJKN dalam menunjang tugas dan fungsinya. (Penulis/Foto : Hendra Gunawan / Eva Resia - KIHI)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :