SERTIFIKASI BMN BERUPA TANAH

Membangun Negeri Melalui Legalisasi Tanah Negara


Diunggah oleh : Irfan Fanasafa Tanggal : 23 Maret 2017 Update : 25 Maret 2017, pukul 10:37 Dibaca : 620 kali
Membangun Negeri Melalui Legalisasi Tanah Negara

Banda Aceh – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Aceh menggelar Rapat Koordinasi Sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) Berupa Tanah pada Kementerian/Lembaga (K/L) Tahun 2017 dengan tajuk “Sinergi Membangun Negeri Melalui Legalisasi Aset Untuk Mengamankan Tanah Negara” (23/3/2017) di Aula Gedung D Kompleks Gedung Keuangan Negara Banda Aceh.

“Salah satu siklus pengelolaan BMN adalah pengamanan, maka kerjasama dan sinergi dengan lembaga pertanahan mutlak diperlukan,” papar Kurniawan Nizar Kepala Kanwil DJKN Aceh dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi.

Lebih lanjut pria yang sebelumnya menjabat Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi ini mengatakan bahwa sebagai langkah tertib administrasi di bidang pertanahan, maka percepatan sertipikasi tanah mutlak diperlukan guna memperbaki hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan pada K/L yang memiliki tanah yang belum bersertipikat. “Dengan acara ini diharapkan terjalin sinergi dan kerjasama yang baik guna mendukung langkah-langkah percepatan sertipikasi,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Idris Aswin menyampaikan paparan singkat laporan penyelenggaraan acara. “Acara ini diharapkan mampu memberikan integrasi dan guidance dalam mendukung percepatan sertipikasi berupa tanah pada K/L di wilayah provinsi Aceh,” urai Idris yang bertindak selaku Ketua Panitia.

Kepala Kanwil Badan Pertanahan (BPN) Aceh yang diwakili Kepala Bidang Hak Atas dan Pendaftaran Tanah Saiful Azhari mengungkapkan kinerja pelayanan Kanwil BPN Aceh yang telah menerbitkan 608 bidang sertipikat atas tanah untuk program percepatan sertifikasi bagi K/L. “Selama tahun 2016 proses sertipikasi dilaksanakan oleh 12 Kantor Pertanahan Kabupaten dan Kota yang mencakup 82 desa berhasil diterbitkan 103 Sertipikat hak atas tanah,’ ungkapnya. Ia juga menambahkan agar rapat koordinasi ini diharapkan segala aspek teknis dan non teknis dapat dipersiapkan guna mempermudah target penerbitan sertipikat atas tanah di tahun 2017.

Dalam kesempatan ini, Nizar memberikan piagam penghargaan kepada seluruh Kantor Pertanahan di wilayah Provinsi Aceh sebagai bentuk apresiasi atas sinergi yang telah terjalin antara Kanwil DJKN Aceh dengan Kanwil BPN Aceh beserta jajarannya.

Acara ini selain dihadiri oleh jajaran pejabat eselon III Kanwil DJKN Aceh, Kepala KPKNL Banda Aceh dan Lhokseumawe juga dihadiri oleh segenap perwakilan Kantor BPN Aceh beserta seluruh Kepala Kantor Pertanahan se-Aceh, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I Aceh, Kanwil Kementerian Agama Aceh, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Sabang, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera I, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Aceh dan Satker Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun Aceh. (narasi: budi hardiansyah / foto: irfan fanasafa)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :