PENGELOLAAN BMN

Melayani dengan Tulus, Rekonsiliasi BMN Lancar


Diunggah oleh : Elizabeth Kurniasih Christina Tanggal : 31 Januari 2017 Update : 1 Februari 2017, pukul 15:50 Dibaca : 506 kali
Melayani dengan Tulus, Rekonsiliasi BMN Lancar

Medan – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan melaksanakan rekonsiliasi Barang Milik Negara (BMN) semester 2 tahun 2016 pada 02 s.d 17 Januari 2017 menggunakan aplikasi SIMAN (Sistem Informasi Manajemen Aset Negara).

Didukung petugas yang siap untuk melayani konsultasi dan akses intranet untuk membantu satuan kerja yang kesulitan dalam proses rekonsiliasi data. Satuan Kerja yang wajib melaksanakan rekonsiliasi BMN pada KPKNL Medan berjumlah 473 satuan kerja yang  terdiri dari 382 satuan kerja Kementerian dan Lembaga, 47 satuan kerja berjenis kewenangan dekonsentrasi, dan 44 satuan kerja berjenis tugas pembantuan dan urusan bersama.3

Pelaksanaan pemutakhiran data dan rekonsiliasi BMN  menggunakan aplikasi SIMAN diharapkan dapat mewujudkan data BMN yang standar dan terpusat, sehingga proses pengelolaan BMN lainnya seperti perencanaan, penggunaan, pemeliharaan, pemanfaatan, pemindahtanganan, pemusnahan, dan penghapusan aset menjadi lebih akurat, cepat dan efisien, serta sistem monitoring secara online dan realtime BMN dapat diakses pengelola barang dan pengguna barang. 

Dari 473 total satuan kerja hanya terdapat 25 satuan kerja Kementerian dan Lembaga, 16  satuan kerja berjenis kewenangan dekonsentrasi, dan 19 satuan kerja berjenis tugas pembantuan dan urusan bersama yang belum melaksanakan proses rekonsiliasi.

Hal ini kemungkinan terjadi karena ada beberapa satker yang inactive. Petugas rekonsiliasi BMN KPKNL Medan melayani tidak hanya pada jam kerja normal, namun juga di luar jam kerja untuk mengatasi banyaknya satker yang berkonsultasi.

Beberapa hal yang perlu ditingkatkan adalah koneksi internet dan pemahaman operator pada Satuan Kerja terhadap aplikasi SIMAN sebagai alat bantu utama pelaksanaan rekonsiliasi BMN.
(Berita/Foto: Seksi HI KPKNL Medan).

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :