REKONSILIASI BMN SEMESTER I 2016 KPKNL JAKARTA IV

Libur Lebaran Tak Surutkan Semangat Satker


Diunggah oleh : Soman Akhmadi Tanggal : 18 Juli 2016 Update : 18 Juli 2016, pukul 16:32 Dibaca : 902 kali
Libur Lebaran Tak Surutkan Semangat Satker

Jakarta – Libur lebaran tahun ini tak menyurutkan semangat satuan kerja (satker) KPKNL Jakarta IV untuk melaksanakan dan menyelesaikan rekonsiliasi data BMN secara mandiri. Rekonsiliasi Data BMN Semester I Tahun 2016 menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN). Aplikasi ini berbasis internet yang memudahkan penggunanya baik sebagai Pengelola maupun Pengguna untuk mengakses tanpa perlu datang langsung ke KPKNL. Operator/Pengguna datang ke KPKNL hanya menyerahkan BAR, kemudian menunggu sampai BAR ditanda tangani, sehingga lebih efektif dan dan efisien.

Sebelum pelaksanaan rekonsiliasi, KPKNL Jakarta IV telah membentuk group SIMAN di Aplikasi Whatsapp untuk memudahkan berkoordinasi dengan semua satker, tujuan yang ingin dicapai yaitu mempercepat penyampaian informasi, undangan rekonsiliasi, berbagi petunjuk teknis dan langkah-langkah rekon online melalui email, serta video tutorial penggunaan SIMAN.

Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Jakarta IV Agus Budianta, ketika ditemui Kamis (14/07) lalu di ruang seksi PKN mengungkapkan bahwa, hasil dari rekonsiliasi ini tidak hanya melihat balanced di neraca saja, tapi diharapkan agar isi terkait data dan informasi yang ada di Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) harus akurat, baik mutasi BMN, data pengelolaan BMN, PNBP, dll. BAR ini selanjutnya dapat menjadi info awal dalam rangka pengawasan dan pengendalian BMN yang merupakan tanggung jawab Pengelola dan Pengguna Barang.

Dalam pelaksanaan rekonsiliasi kali ini tak jarang menemui beberapa kendala. Agus Budianta menjelaskan, bahwa dalam proses rekonsiliasi ada beberapa kendala diantaranya yaitu, hingga mendekati libur lebaran satker belum selesai melakukan input data SIMAK, sehingga data yang mau dikirim belum siap, serta adanya pergantian petugas/operator baru yang membutuhkan waktu untuk pemahaman terkait SIMAN.

Hingga berita ini diturunkan, satker yang telah melaksanakan rekon sebanyak 92 satker atau sekitar 45% dari jumlah satker yang berjumlah 203 satker. Satker yang belum rekon tetap ditunggu sampai dengan 5 hari kedepan. Harapannya semua satker dapat segera menyelesaikan rekonsiliasi ini sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan yaitu sebelum tanggal 22 Juli 2016.

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :