PROPERTY GOES TO MALL

Lelang Mengguncang Mal


Diunggah oleh : Joko Surono Tanggal : 6 Juni 2016 Update : 7 Juni 2016, pukul 16:12 Dibaca : 1.914 kali
Lelang Mengguncang Mal

Jayapura- KPKNL Jayapura menggelar acara “ Property Goes To Mall Jayapura” pada Sabtu (4/6) di Mal Jayapura yang dihadiri para investor/pengusaha dan pengunjung mal dengan penuh antusias. Hadir dalam acara ini Kepala Kanwil DJKN Papua dan Maluku, Kepala KPKNL Jayapura, Pimpinan Kanwil XVII PT Bank Mandiri (persero) Tbk. Jayapura dan PT BTN (Persero) TB. Jayapura serta beberapa pengusaha/pelaku ekonomi papua yang merupakan nasabah potensial dari masing-masing perbankan.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi yang kuat antara salah satu institusi DJKN yang ada di Jayapura ini dengan pemangku kepentingan perbankan, yaitu Bank Mandiri dan PT BTN (Persero) Tbk. Jayapura dalam mensosialisasikan lelang ke tengah-tengah masyarakat.

Acara berlangsung mulai pukul 14.00 dan dibuka Kepala Kanwil DJKN Papua Maluku Arik Hariyono.  Acara dibuka ditandai pemukulan tifa sebagai simbol dari adat masyarakat tanah Papua, dalam sambutannya Arik Hariyono mengatakan kegiatan ini ditujukan pertama, dalam rangka untuk menarik minat calon pembeli lelang sebanyak-banyaknya agar potensi lelang berikutnya mengalami kenaikan, mengingat kondisi masyarakat Papua yang unik dan masih belum familiar dengan dunia lelang. Kedua, mengenalkan prosedur pelelangan kepada masyarakat luas. Ketiga, memberikan pemahaman kepada masyarakat umum mengenai mudahnya mengikuti pelelangan baik secara konvensional maupun melalui internet atau e-auction. Keempat, yaitu membangun sinergi antara KPKNL Jayapura dan para stakeholder (perbankan dan masyarakat ekonomi calon pembeli lelang) dengan tujuan agar kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan lelang dapat ditingkatkan.

Acara talkshow diliput oleh RRI maupun wartawan dari harian lokal diisi narasumber Kanwil DJKN Papua Maluku Arik Hariyono. Ia memaparkan materi tentang profil KPKNL Jayapura, objek lelang hak tanggungan yang telah terjual dari masing-masing perbankan, cara dan prosedur mengikuti lelang e-auction. Perwakilan Bank Mandiri Cornelius memaparkan keuntungan-keuntungan selama kerjasama dengan KPKNL dan untuk mendukung kegiatan lelang ini Bank Mandiri telah mengumpulkan semua propertinya dalam website yang berjudul lelangmandiri agar masyarakat juga dapat mengakses informasi tanah dan bangunan yang diminati. Selanjutnya dari BTN Jayapura Bona, memaparkan  tentang program KPR Lelang merupakan terobosan baru dalam menarik pembeli khususnya yang memiliki modal terbatas. Antusiasme para pengunjung membludak dengan pertanyaan seputar lelang dan cara memperoleh properti lelang dimaksud.

Selanjutnya acara puncaknya,  yaitu simulasi lelang dipandu pejabat lelang Joko Surono dengan menjual barang-barang sumbangan hadiah yang dikumpulkan dari Perbankan. Sebelumnya barang yang akan dilelang akan dibagikan gratis, namun panitia berinisiatif agar tetap dilakukan pembelian secara nyata meskipun dengan harga yang sangat murah dengan tujuan agar masyarakat dapat praktik langsung serta lebih memahami dan mengerti proses pelaksanaanya.

Namun demikian sesuatu menakjubkan terjadi salah satu barang yang dilelang berupa emas batangan seberat 5 gram dengan harga Rp 1,00 laku terjual hingga Rp 6 juta dan masih dengan barang tersebut pemenangnya menyerahkan ke panitia untuk dijualkan kembali dalam simulasi lelang tsb dengan harga Rp 10,00 dan pada lelang kedua ini laku senilai Rp 4 juta. Total penjualan melalui simulasi lelang ini dengan beberapa barang lainnya seperti; handphone, restuker, lampu energizer menghasilkan uang sebesar Rp 17 juta.  Hasil penjualan lelang ini diserahkan untuk kegiatan sosial. Hasil lelang diserahkan kepada Pengelola Panti Asuhan Air Mata Mama. (penulis : Joko Surono/ Foto : Reky)-y

  • Media Sosial Kami :