PENGARUSUTAMAAN GENDER

KPKNL Purwakarta WakiliI DJKN dalam Lomba Pengarus Utamaan Gender


Diunggah oleh : M. Muharram Arif Tanggal : 15 Agustus 2016 Update : 16 Agustus 2016, pukul 13:03 Dibaca : 896 kali
KPKNL Purwakarta WakiliI DJKN dalam Lomba Pengarus Utamaan Gender

Purwakarta - Rabu (10/8), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta kedatangan Tim Penilai Kantor Pengimplementasian Pengarusutamaan Gender (PUG).

Tim terdiri dari pakar gender Yulfita Raharjo dan Yurni Satriya serta Kepala Bagian Perencanaan Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Suroso.

Selain KPKNL Purwakarta tim penilai juga mengunjungi empat Kantor Vertikal Kementerian Keuangan lainnya yaitu Balai Pengujian dan Identifikasi Barang (BPIB) Jakarta, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Subang, Kantor Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, dan Balai Diklat Keuangan (BDK) Palembang.

Kementerian Keuangan mempunyai komitmen kuat untuk mendorong pelaksanaan PUG di antaranya dengan mengadakan lomba pelaksanaan PUG. Kriteria penilaian terdiri dari35% pemahaman PUG, 35% Kebijakan Responsif Gender serta 30% Prasarana fisik gedung. Demikian dijelaskan Suroso

“PUG adalah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan perspektif gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan nasional,” lanjut Suroso.

“Hal ini dilatarbelakangi oleh Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang PUG dalam pembangunan nasional serta Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJM Nasional 2015-2019 yang didalamnya terdapat pengarusutamaan gender,” imbuhnya melengkapi.

Kepala KPKNL Purwakarta Adriana Viveryanti menjelaskan KPKNL Purwakarta memiliki komposisi pegawai 23 orang laki-laki, dan 7 orang wanita, yang dikepalai oleh seorang wanita.

Lebih jauh Adriana menjelaskan setiap pegawai laki-laki dan perempuan diberikan kesempatan yang luas untuk mengikuti diklat yang menambah kompetensi pegawai dan akhirnya akan memperbaiki kinerja organisasi. “Tahun 2016 ini dari 7 orang pegawai wanita, 5 orang sudah mengikuti diklat dan 2 orang sedang menunggu jadwal pelaksanaan diklat,” kata Adriana.

Adriana mengungkapkan sarana dan prasarana yang disediakan KPKNL Purwakarta juga sudah mendukung pengimplementasian PUG seperti parkir untuk perempuan, satpam perempuan, ruang nursery yang dilengkapi lemari pendingin ASI dan baby tafel serta tempat bermain dan ruang membaca untuk anak. “ Sarana tersebut disediakan untuk para pegawai dan pengunjung wanita,” jelasnya.Selain ramah untuk wanita, KPKNL Purwakarta juga menyediakan berbagai fasilitas untuk penyandang difabilitas.  Demikian Adriana menjelaskan.

“KPKNL Purwakarta bekerja sama Puskesmas Kabupaten Purwakarta juga telah melaksanakan sosialisasi ASI eksklusif, yang diikuti oleh seluruh Pegawai KPKNL Purwakarta pada tanggal,” ungkap Adriana. Adriana menambahkan pada kesempatan mendatang, KPKNL Purwakarta akan melakukan Sosialisasi kembali terkait Kanker Prostat. Hal ini, dilakukan untuk menambah pengetahuan kebutuhan masing-masing pegawai baik laki-laki maupun perempuan.

“KPKNL Purwakarta berkomitmen akan tetap dan melanjutkan perwujudan serta mendukung implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di lingkungan KPKNL Purwakarta,” tutup Adriana. (teks: Seksi HI KPKNL, Foto: M. Faozan)

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :