PENGURUSAN PIUTANG NEGARA

KPKNL Purwakarta Selenggarakan Sosialisasi dan Rekonsiliasi Pengurusan Piutang Negara


Diunggah oleh : M. Muharram Arif Tanggal : 25 November 2016 Update : 28 November 2016, pukul 22:48 Dibaca : 528 kali
KPKNL Purwakarta Selenggarakan Sosialisasi dan Rekonsiliasi Pengurusan Piutang Negara

Purwakarta - Kamis (24/11) bertempat di Aula Kantor KPKNL Purwakarta, diselenggarakan Sosialisasi dan Rekonsiliasi Dalam Rangka Optimalisasi Pengurusan Piutang Negara.

Sosialisasi dihadiri 24 peserta dari satuan kerja Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di wilayah kerja KPKNL Purwakarta.

Kepala Seksi Piutang Negara UP. Sudarsono dalam materinya menyampaikan, sesuai PMK 128/PMK.06/2007, yang dimaksud Piutang Negara adalah jumlah uang yang wajib dibayar kepada negara atau badan-badan yang baik secara langsung maupun tidak langsung dikuasai oleh negara, berdasarkan suatu peraturan, perjanjian atau sebab apapun.

“Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-21/PMK.06/2016 tentang perubahan keempat atas Peraturan Menteri Keuangan PMK-128/PMK.06/2007 tentang pengurusan piutang Negara, sebagai penyempurnaan agar pengurusan piutang negara dapat lebih optimal.” Kata Sudarsono.

Materi selanjutnya mengenai Prosedur pengurusan Piutang Negara, dimulai dari: Surat Penerimaan Pengurusan Piutang Negara (SP3N), Pernyataan Bersama (PB), Penetapan Jumlah Piutang Negara (PJPN), Surat Paksa (SP), Sita Barang Jaminan, Surat Perintah Penjualan Barang Sitaan (SPPBS), Lelang (Tindak lanjut dari penerbitan SPPBS), Surat Pernyataan Piutang Negara Lunas (SPPNL) / Surat Pernyataan Pengurusan Piutang Negara Selesai (SPPNS), dan Piutang Negara Sementara Belum Dapat Ditagih (PSBDT).

Sosialisasi ini ditutup oleh UP. Sudarsono, dengan harapan membawa manfaat yang maksimal kepada semua peserta yang hadir dan pengurusan piutang negara dapat lebih optimal. penulis/foto: HI/fauzan; edit: Kasi HI

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :