SOSIALISASI PERATURAN MENTERI KEUANGAN DAN E AUCTION KPKNL PURWAKARTA

Penyempurnaan Peraturan Untuk Tingkatkan Pelayanan


Diunggah oleh : M. Muharram Arif Tanggal : 30 Mei 2016 Update : 1 Juni 2016, pukul 17:42 Dibaca : 838 kali
Penyempurnaan Peraturan Untuk Tingkatkan Pelayanan

Purwakarta - Senin pagi yang cerah (30/5), bertempat di Aula Kantor KPKNL Purwakarta, diselenggarakan Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor  27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Lelang . Sosialisasi dihadiri peserta dari pemangku kepentingan perbankan maupun satuan kerja instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta dari perwakilan balai lelang.

 “Latar belakang terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 27/PMK.06/2016 ini adalah dalam rangka meningkatkan pelayanan lelang, mewujudkan pelaksanaan lelang yang lebih efisien, efektif, transparan, akuntable dan adil,” tegas Rendi Wahyudin Kepala Seksi Lelang Kepala KPKNL Purwakarta. “Selain itu, terdapat pula perkembangan penyelenggaraan lelang, masukan dari Stakeholder internal maupun eksternal serta mempertimbangkan rekomendasi dari BPK dan Itjen Kemenkeu,” ujar Rendi Wahyudin melanjutkan. Rendi menjelaskan perubahan-perubahan yang ada pada PMK 27 tahun 2016 dengan yang sebelumnya yaitu PMK 93 tahun 2013 Jo. PMK 106 tahun 2014, seperti mengenai perubahan masa berlaku laporan penilaian bagi lelang Eksekusi Pasal 6 UUHT, Lelang Eksekusi Fidusia dan Lelang Eksekusi Harta Pailit dari 6 bulan menjadi 12 bulan, ketentuan mengenai lelang barang yang mudah rusak/busuk dan mengenai bea lelang dan pembatalan lelang.

Rendi dalam pemaparannya juga berharap peraturan yang baru ini dapat dimengerti dan dipahami oleh peserta secara mudah. Selanjutnya, Nandang Hidayat selaku narasumber yang juga pejabat lelang KPKNL Purwakarta menyampaikan materi mengenai lelang menggunakan aplikasi lelang internet (E-Auction). Nandang Hidayat menyampaikan latar belakang dan keunggulan-keunggulan lelang menggunakan E-Auction serta memberikan gambaran E-Auction yang sudah dilaksanakan KPKNL Purwakarta.(penulis/foto: lucky/fauzan; edit: Kasi HI)-y

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :