RAPAT KOORDINASI SERTIFIKASI BMN KPKNL PAREPARE

KPKNL Parepare Tetapkan Target 47 Bidang Tanah untuk Sertifikasi Tahun 2016


Diunggah oleh : Akhwan Prayogi Tanggal : 12 Mei 2016 Update : 16 Mei 2016, pukul 14:15 Dibaca : 649 kali
KPKNL Parepare Tetapkan Target 47 Bidang Tanah untuk Sertifikasi Tahun 2016

Parepare – Dalam rangka pelaksanaan sertifikasi Barang Milik Negara (BMN) tahun 2016, KPKNL Parepare melaksanakan kegiatan rapat koordinasi pembahasan target sertifikasi BMN Tahun 2016 dan penandatanganan berita acara penetapan target  sertifikasi BMN Tahun 2016 pada 11 Mei 2016 di Ruang Rapat KPKNL Parepare. Kegiatan rapat koordinasi tersebut mengundang satuan kerja kementerian/lembaga (K/L) yang mengajukan usulan target sertifikasi BMN tahun 2016 meliputi satuan kerja KPKNL Parepare.

Peserta yang menghadiri acara tersebut antara lain satker Denzibang 4/VII Parepare, STAIN Parepare, Kantor Kementerian Agama Kab. Sidrap, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Awerrange Kab. Barru, dan dari Kantor Pertanahan masing-masing yaitu Kota Parepare, Kab. Sidrap, Kab, Barru, dan Kab. Pinrang. Satker yang diundang tersebut hanya satker yang yang mempunyai tanah BMN yang menjadi target sertifikasi BMN di tahun 2016.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan dan pengarahan Kepala KPKNL Parepare  I Nyoman Suparta yang menyampaikan apresiasi kepada seluruh satuan kerja K/L yang telah berupaya dan berusaha sehingga tercapainya target pelaksanaan sertifikasi BMN berupa tanah tahun 2015. Nyoman juga menyampaikan harapannya agar kegiatan sertifikasi ini dapat dilaksanakan dengan segera untuk mencapai target sertifikasi 2016 dan satker juga diharapkan dengan segera melakukan pemberkasan dengan pencarian dan pengumpulan dokumen kepemilikan, melakukan verifikasi dan validasi atas dokumen kepemilikan dengan kantor pertanahan setempat serta berkoordinasi dengan KPKNL. Ia berharap peran aktif bersama untuk bersinergi melakukan percepatan sertifikasi BMN berupa tanah ini.

Kemudian acara tersebut dilanjutkan dengan pembahasan dan verifikasi oleh KPKNL dengan para satker tentang bidang tanah mana yang sudah siap dan dapat dijadikan target sertifikasi BMN Tahun 2016. Beberapa satker melakukan tanya jawab kepada kantor pertahanan tentang kemungkinan permasalahan yang akan dihadapi dalam proses sertifikasi BMN tersebut.

Setelah dilakukan pembahasan tercapai kesepakatan,  yaitu sebanyak 20 bidang tanah yang akan dijadikan target sertifikasi BMN Tahun 2016. Adapun 20 bidang tanah tersebut terdiri dari 14 bidang tanah milik Denzibang 4/VII Parepare,  2 bidang tanah milik STAIN Parepare, 1 bidang tanah milik Kantor Kementerian Agama Sidrap, 3 bidang tanah milik Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Awerrange Kab. Barru. Bidang tanah tersebut berada di wilayah Kota Parepare, Kab. Barru, Kab. Sidrap, dan Kab. Pinrang. Setelah disepakati jumlah bidang tanah yang dijadikan target, KPKNL Parepare mencetak Berita Acara Penetapan Target Sertifikasi BMN Tahun 2016 dan langsung ditandatangani oleh Kepala KPKNL Parepare dan Kepala Kantor Pertanahan terkait atau yang mewakilinya.

Pelaksanaan kegiatan pembahasan dan penetepan target sertifikasi BMN tersebut merupakan kelanjutan dari kegiatan percepatan program sertifikasi BMN Tahun 2016 yang sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Penetapan Target Sertifikasi BMN Tahun 2016 sebanyak 15 bidang tanah untuk wilayah Kab. Bone, Kab. Soppeng, Kab. Wajo yang telah dilakukan pada tanggal 10 Mei 2016 serta 12 bidang tanah untuk wilayah Kab. Majene dan Kab. Polewali, sehingga total 47 bidang tanah untuk seluruh wilayah kerja KPKNL Parepare.

Kegiatan rapat berjalan lancar dan diakhiri dengan penutupan rapat oleh Kepala KPKNL Parepare, I Nyoman Suparta. Sebelum ditutup beliau mengatakan harapannya akan kelancaran kegiatan sertipikasi BMN berupa tanah tahun 2016 di wilayah kerja KPKNL Parepare dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana dan seluruh sertifikat dapat segera diterbitkan. (Penulis : Akhwan Prayogi / Fotografer : Muhajir Sutisna)-y

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :