PENYERAHAN BMN IDLE KE PEMKAB MAJENE

KPKNL Parepare Selalu Siap Membantu


Diunggah oleh : Gery Satrio Nugroho Tanggal : 27 Januari 2016 Update : 29 Januari 2016, pukul 09:23 Dibaca : 712 kali
KPKNL Parepare Selalu Siap Membantu

Parepare - Pada Selasa, 26 januari 2016 Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Parepare a.n nama Menteri Keuangan telah menyerahkan hibah Barang Milik Negara (BMN) idle eks. BPS Kab.Majene kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene. Pemkab Majene pada kesempatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Majene.

Penyerahan tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Hibah dan Naskah Hibah oleh Sofyan selaku Kepala KPKNL Parepare dan Syamsiar Muchtar selaku Sekretaris Daerah Kab.Majene serta disaksikan oleh perwakilan dari BPS Kab.Majene.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kab.Majene menyampaikan penghargaan serta apresiasi atas pelaksanaan serah terima BMN idle tersebut. Ia berharap di masa depan kerjasama di bidang pengelolaan asset antara Kementerian Keuangan khususnya DJKN dengan Pemerintah Daerah Kab.Majene dapat dilaksanakan dengan kuantitas dan kualitas yang lebih baik.

Penyerahan BMN idle tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Menteri Keuangan nomor : 302/KM.6/2015 tanggal 25 Juni 2015 tentang Hibah Barang Milik Negara Idle Pada Pengelola Barang Kepada Pemerintah Kabupaten Majene, Surat Direktur PKNSI a.n. Direktur Jenderal Kekayaan Negara nomor : S-1468/KN/2015 tanggal 11 November 2015 dan Surat Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar nomor : S-952/WKN.15/2015 tanggal 15 Desember 2015 masing-masing perihal Hibah Barang Milik Negara Idle pada Pengelola Barang kepada Pemerintah Kabupaten Majene.

Sementara itu, Kepala KPKNL Parepare dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama KPKNL Parepare selaku unit kerja DJKN di daerah dengan Pemerintah Daerah Kab.Majene telah dilakukan. Kerjasama tersebut terkait pelaksanaan penilaian tanah serta jalan milik Pemerintah Daerah Kab. Majene pada tahun 2015 yang lalu.

Dalam sambutannya Kepala KPKNL Parepare juga menegaskan bahwa BMN idle yang dihibahkan tersebut kepada Pemkab Majene adalah untuk digunakan dalam rangka tugas dan fungsi Pemkab Majene dan digunakan sesuai peruntukannya serta tidak dapat dimanfaatkan oleh dan/atau dipindahtangankan kepada pihak lain. Kepala KPKNL Parepare juga berharap agar kerjasama yang selama ini telah terjalin dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi di waktu yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama di sela-sela sambutannya Kepala KPKNL Parepare Sofyan menghimbau kepada Pemkab Majene untuk terus melanjutkan kerjasamanya. Apabila Pemkab Majene memiliki aset Barang Milik Daerah yang akan dinilai untuk mendapatkan nilai wajar, KPKNL Parepare siap membantu. Hal ini termasuk melaksanakan lelang kendaraan dinas dari Pemkab Majene. Saat ini telah ada pola baru sistem lelang yang mudah dan cepat diakses di mana saja dan kapan saja yaitu lelang e-Auction. Hingga calon pembeli dan penjual serta antara peserta lelang tak perlu bertemu di tempat lelang.

Selain penilaian dan pelaksanaan lelang, KPKNL Parepare juga dapat membantu Pemkab Majene untuk mengurus Piutang Daerah sepanjang Piutang Daerah tersebut telah dinyatakan macet sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Pemerintah Daerah setempat. (Penulis/fotografer:Abdul Wahab)

 

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :