PENGURUSAN PIUTANG NEGARA

Kontribusi Positif KPKNL Malang dalam Pengurusan Piutang Iuran BPJS Ketenagakerjaan


Diunggah oleh : Raden Arif Suharsono Tanggal : 10 Maret 2017 Update : 13 Maret 2017, pukul 10:16 Dibaca : 589 kali
Kontribusi Positif KPKNL Malang dalam Pengurusan Piutang Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai bentuk apresiasi dan kepercayaan dalam pengurusan piutang yang telah terjalin baik, BPJS Ketenagakerjaan kembali mengundang KPKNL Malang dalam Rapat Monitoring dan Evalituuasi Kerjasama Penagihan Piutang Iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Acara yang dilangsungkan pada Kamis, 9 Maret 2017 di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur dihadiri perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Cabang Blitar dan Cabang Kediri.

Dibuka oleh Sri Subekti, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, pihaknya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada KPKNL Malang atas kerjasama positif dalam pengurusan piutang iuran BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terjalin hampir 1,5 tahun ini.

Ibu yang akrap di sapa Bu Beti ini menambahkan bahwa tujuan kegiatan adalah membahas permasalahan yang muncul terkait tahapan proses pengurusan Piutang Negara sehingga dapat dicarikan solusi secara teknis di lapangan, atau diteruskan ke Kanwil dan Pantor Pusat masing-masing institusi.

Pada kesempatan berikutnya, Rofiq Manshur selaku Pelaksana Tugas Kepala KPKNL Malang juga mengapresiasi sinergi dan kontribusi positif BPJS Ketenagakerjaan dalam kerja sama pengurusan piutang negara  dengan KPKNL Malang. Hasil Pengurusan Piutang  BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan pemasukan bagi Kas Negara dalam bentuk Biad PPN sebagai Penerimaan Piutang Negara Bukan Pajak (PNBP), begitu disampaikan oleh Pak Rofiq, sapaan akrabnya.

Memasuki inti acara, Tim Seksi Piutang Negara KPKNL Malang menyampaikan laporan hasil  pengurusan piutang iuran BPJS Ketenagakerjaan yang telah ditangani sampai  dengan awal tahun 2017. Dalam kurun waktu bulan November 2015 sampai bulan Maret 2017, realisasi pencapaian BKPN lunas sekitar 50% dari total penyerahan. Dengan melihat hasil tersebut, KPKNL Malang menatap optimis dalam tahun 2017 hasil yang diperoleh dapat ditingkatkan dan berharap BPJS Ketenagakerjaan segera menyerahkan berkas kasus apabila terdapat piutang iuran macet.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian kendala di lapangan dan tanya jawab yang dipandu langsung oleh Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Malang, dan tiap-tiap kantor cabang BPJS secara bergantian menyampaikan pertanyaan dan kendala yang ditemui di lapangan.

Di akhir acara Bu Beti berharap kerjasama yang sudah terjalin agar dapat dipererat dan ditingkatkan di masa datang. (Teks/Foto: Yusak Sapin Agung Nugroho, Editor: Tim PN)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :