ORGANISASI KERJA

Kontrak Kinerja 2017, Komitmen KPKNL Bengkulu Bersama DJKN Menjadi Revenue Center


Diunggah oleh : Budi Prasetyo S.i.kom. Tanggal : 14 Februari 2017 Update : 16 Februari 2017, pukul 08:50 Dibaca : 736 kali
Kontrak Kinerja 2017, Komitmen KPKNL Bengkulu Bersama DJKN Menjadi Revenue Center

Bengkulu –  Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu Tredi Hadiansyah beserta seluruh pejabat Eselon IV dan pelaksana di lingkungan KPKNL Bengkulu melakukan penandatanganan Kontrak Kinerja dan Lembar Penetapan Manual IKU Kemenkeu-Four dan Kemenkeu-Five Tahun 2017 di Aula KPKNL Bengkulu, Selasa (14/02).

Kegiatan penandatanganan Kontrak Kinerja dan Lembar Penetapan Manual IKU ini merupakan perwujudan komitmen para pegawai KPKNL Bengkulu untuk mencapai target kinerja tahun 2017.

Hal tersebut merupakan ikhtisar rencana target kinerja strategis tahun 2017 yang akan dimonitoring dan dievaluasi secara berkala, sehingga diharapkan dapat tercapai bahkan lebih baik dibandingkan tahun 2016.

Sebagai informasi, dalam kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Lampung dan Bengkulu ke Bengkulu akhir Januari 2017 lalu, KPKNL Bengkulu mendapat apresiasi sebagai KPKNL dengan nilai kinerja tertinggi se-Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu pada tahun 2016.

Kontrak Kinerja berisikan kesanggupan mencapai target kinerja tertentu di tahun anggaran 2017, sasaran strategis, indikator kinerja utama (IKU), target output dan input beserta anggaran. “Semua itu nanti akan jadi dasar evaluasi tahun selanjutnya”, jelas Tredi.

Saat memberikan arahan kepada pegawai, Tredi juga menjelaskan bahwa secara umum Kontrak Kinerja tahun 2017 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. “Terdapat tiga IKU baru di tahun ini. IKU persentase manfaat ekonomi pengelolaan kekayaan negara, IKU persentase penyelesaian mitigasi risiko, dan IKU persentase publikasi objek lelang dengan nilai limit Rp300 juta ke atas. Sebelumnya lima belas IKU, sekarang jadi delapan belas”, jelas Tredi.

Tiga IKU pada Kemenkeu-Three merupakan komitmen nyata KPKNL Bengkulu bersama DJKN menjadi Revenue Center (Pusat Pendapatan) guna lebih berkontribusi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui pengelolaan aset yang menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). IKU persentase manfaat ekonomi pengelolaan kekayaan negara bersama IKU lama persentase nilai kekayaan negara yang diutilisasi akan menjadi indikator sasaran program/kegiatan pengelolaan kekayaan negara yang optimal.

IKU persentase penyelesaian mitigasi risiko menjadi IKU baru di tahun ini, dan bersama IKU persentase tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan Inspektorat Jenderal  akan menjadi indikator kinerja sasaran program/kegiatan pengawasan dan pengendalian yang efektif. Dan IKU baru yang terakhir, persentase publikasi objek lelang dengan nilai limit Rp300 juta ke atas, sebelumnya di tahun 2016 telah menjadi IKU pada Kemenkeu-Four dan Kemenkeu-Five. IKU tersebut bersama IKU persentase implementasi e-auction akan menjadi indikator kinerja sasaran/program kegiatan sistem manajemen informasi yang andal.

Bungsu Teguh Karnadi selaku kepala seksi Kepatuhan Internal juga memberikan penjelasan terkait penandatanganan Kontrak Kinerja dan Lembar Penetapan Manual IKU ini mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 467/KMK.01/2014 tentang Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan. “Ada tiga tahapan utama pengelolaan kinerja. Perencanaan, monitoring, serta penetapan hasil kinerja dan evaluasi. Salah satu tahapan perencanaan adalah Kontrak Kinerja”, papar Teguh.

Teguh juga menjelaskan secara singkat terkait IKU dalam Kontrak Kinerja, dimana ada IKU Cascading Peta dan ada IKU Non-Cascading yang berasal dari mandatory pemilik Peta Strategi yang tingkatannya lebih tinggi. Teguh mengharapkan bahwa seluruh pegawai harus bekerja dengan maksimal untuk mencapai target kinerja yang telah disepakati, karena IKU setiap pegawai saling berhubungan satu sama lain. “Untuk IKU yang bersifat cascading, maka hasilnya akan dipengaruhi oleh IKU level dibawahnya dan sebaliknya akan mempengaruhi hasil IKU level diatasnya”, terang Teguh.

Sebelum mengakhiri kegiatan penandatanganan Kontrak Kinerja dan Lembar Penetapan Manual IKU Kemenkeu-Four dan Kemenkeu-Five Tahun 2017, diadakan pembacaan doa dan foto bersama agar target kinerja organisasi maupun target kinerja pegawai pada tahun 2017 dapat tercapai sesuai yang diharapkan dan memberikan kontribusi baik bagi APBN maupun bangsa Indonesia. ( Budi Prasetyo / Dany Yohanes / Tsabit Turmudzi )

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :