KPKNL PURWAKARTA TERAPKAN SIMAN

Kelola Kekayaan Negara Secara Elektronik


Diunggah oleh : Lucky Agusta Tanggal : 12 Juni 2015 Update : 16 Juni 2015, pukul 11:37 Dibaca : 718 kali
Kelola Kekayaan Negara Secara Elektronik

Purwakarta - Sistem Informasi dan Manajemen Aset Negara (SIMAN) merupakan aplikasi yang lengkap sehingga dapat mengakomodasi tuntutan penyediaan data dan informasi terkait pengelolaan kekayaan Negara yang komprehensif dan reliable. Demikian Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta Sutanto dalam pembukaan Bimbingan Teknis Aplikasi SIMAN di KPKNL Purwakarta. Acara yang digelar pada 8 s.d. 12 Juni 2015 ini diikuti oleh 90 orang peserta yang merupakan perwakilan satuan kerja (satker) Kementerian/Lembaga dan satker Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (Dekon-TP).

Sutanto menambahkan bahwa sesuai arahan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), pelaksanaan rekonsiliasi Barang Milik Negara (BMN) pada Semester I 2015 harus menggunakan aplikasi SIMAN. Sebagai informasi rekonsiliasi BMN antara satuan kerja dengan KPKNL akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 10 Juli 2015.

Lebih lanjut Sutanto menjelaskan bahwa SIMAN digunakan untuk perencanaan kebutuhan, penggunaan, pemeliharaan, penatausahaan, pemanfaatan, pemindahtanganan, penghapusan sampai dengan pengawasan dan pengendalian BMN. “Hadirnya SIMAN, diharapkan mampu mempermudah proses pengelolaan BMN karena dilakukan secara elektronik dengan database terpusat,” imbuhnya. Rencananya pada 2017, penyusunan RKA/KL akan terintegrasi dengan perencanaan kebutuhan BMN yang memperhatikan existing BMN melalui aplikasi SIMAN, untuk itu seluruh satker diwajibkan sudah melakukan instalasi dan registrasi SIMAN. “Untuk tahap awal akan diwajibkan terhadap 20 K/L pada tahun 2017 dan tahap berikutnya 50 K/L pada tahun 2018,” tegas Sutanto. (Penulis/foto: Lucky Agusta/Seksi PKN)

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :