ORGANISASI DAN KINERJA

Kanwil DJKN Kalbar Lakukan Sosialisasi dan Pembinaan ke KPKNL Singkawang


Diunggah oleh : Kevin Bhaskara Tanggal : 27 Maret 2017 Update : 30 Maret 2017, pukul 14:38 Dibaca : 417 kali
Kanwil DJKN Kalbar Lakukan Sosialisasi dan Pembinaan ke KPKNL Singkawang

Pontianak - Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI) Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat melakukan pembinaan dan sosialisasi terkait manajemen risiko dan pengelolaan kinerja pada kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang.

Kegiatan yang diadakanpada 22 sampai dengan 24 Maret 2017 ini merupakan salah satu bagian dari tugas dan fungsi Bidang KIHI dalam memberikan pembinaan pada unit vertikal di lingkungan Kantor Wilayah. Bertempat di ruang rapat KPKNL Singkawang, kegiatan pembinaan dan sosialisasi ini diikuti oleh Kepala KPKNL dan seluruh pegawai yang ada di KPKNL Singkawang.

Kepala KPKNL, Sujarwo yang dalam sambutannya menyampaikan pada seluruh peserta untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dalam menambah pengetahuan dan informasi terkait manajemen risiko dan pengelolaan kinerja disamping juga hal-hal lain terkait tugas dan fungsi kepatuhan internal, hukum dan informasi lainnya.

Informasi dan sharing pengetahuan terkait manajemen risiko dirasa penting mengingat mulai tahun 2017 ini, unit KPKNL juga merupakan unit pemilik risiko (UPR) dimana salah satu tugasnya adalah mengelola dan menerapkan manajemen risiko di unit masing-masing. Demikian Suhjarwo menjelaskan.

Kepala Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalimantan Barat  Sugeng Aprito Lestariadi menambahkan bahwa penerapan manajemen risiko ini dapat membantu pencapaian sasaran organisasi dan peningkatan kinerja serta mendorong manajemen yang proaktif dan antisipatif.

Salah satu agenda dalam kegiatan pembinaan dan sosialisasi ini adalah asistensi penyusunan profil risiko KPKNL Singkawang oleh Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

Dalam peraturan baru Menteri Keuangan tentang manajemen risiko periode penerapan manajemen risiko menjadi tahunan yang sebelumnya adalah semesteran. Disamping itu juga disampaikan informasi dan bimbingan teknis terkait penetapan standardisasi kategori risiko, kriteria risiko, selera risiko, UPR, struktur pengelola risiko, Indikator Risiko Utama (IRU), mekanisme monev dan penyelarasan Manajemen Risiko dengan Manajemen Kinerja.

Agenda kedua dalam kunjungan pembinaan sosialisasi ini adalah terkait Dialog Kinerja Organisasi yang merupakan bagian dari pengelolaan kinerja. Dialog kinerja yang ada di lingkungan Kementerian Keuangan terbagi dua Dialog Kinerja Organisasi dan Dialog Kinerja Individu. Pada kesempatan ini dilakukan sosialisasi singkat mengenai Dialog Kinerja Organisasi (DKO) dan tahapan-tahapan pelaksanaannya.

Pada hari ketiga kegiatan pembinaan dan sosialisasi manajemen risiko dan pengelolaan kinerja kali ini dilakukan monitoring evaluasi penyusunan Kontrak Kinerja Tahun 2017 oleh seluruh pegawai di KPKNL Singkawang serta tindak lanjut penyusunan kontrak kinerja tersebut. Monitoring evaluasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengelolaan kinerja organisasi seluruh unit di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat telah berjalan sebagaimana semestinya. (Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalimantan Barat)

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :