PEMBINAAN TERPADU DIREKTORAT HUKUM DAN HUMAS

Indonesia Tidak Hanya Jakarta


Diunggah oleh : Agus Widayat Tanggal : 22 Maret 2017 Update : 22 Maret 2017, pukul 19:37 Dibaca : 595 kali
Indonesia Tidak Hanya Jakarta

Manado - Rangkaian kegiatan pembinaan terpadu terkait tugas dan fungsi di bidang hukum, informasi dan kehumasan paripurna di kota Manado, Sulawesi Utara.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Hukum dan Hubungan Masyarakat (Humas) DJKN ini merupakan kali keempat setelah sebelumnya singgah di kota Batam, Bandung dan Semarang dengan tim dan peserta berbeda.

Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Ferdinan Lengkong selaku tuan rumah menyampaikan pentingnya acara ini, utamanya terkait evaluasi peraturan perundangan. Menurutnya ada peraturan yang kadangkala tidak dapat diimplementasikan di seluruh penjuru negeri karena perbedaan kondisi sosial dan budaya setempat.

"Saya berharap ketika menyusun peraturan tidak hanya berdasarkan apa yang terjadi di Jakarta saja karena realitanya Indonesia tidak hanya Jakarta. Untuk itu saya minta agar para peserta aktif memberikan masukan sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh Kantor Pusat (DJKN)," ungkap Ferdinan Lengkong saat membuka acara pada Rabu, 22 Maret 2017. 

Lebih lanjut, Ferdinan juga meminta agar para peserta mencermati aturan terbaru mengenai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) yang dahulu disentralisasi di Direktorat Hukum dan Humas sekarang telah didelegasikan hingga tingkat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Peraturan dan Perundangan DJKN Ida Novianti dalam sesinya menggarisbawahi terkait kebijakan simplifikasi peraturan sebagaimana diamanatkan Presiden Joko Widodo. "Entitas pemerintah diminta mampu menyederhanakan beberapa peraturan sejenis menjadi cukup satu peraturan saja namun komprehensif." ujarnya.

Acara yang direncanakan berlangsung 2 hari penuh ini mengagendakan antara lain evaluasi peraturan perundangan, rekonsiliasi penanganan perkara, sosialisasi PPID, kehumasan dan jurnalistik. Agenda tak kalah menariknya adalah sosialisasi penanganan perkara yang mengandung unsur tuntutan ganti rugi (TGR) dengan narasumber dari Biro Bantuan Hukum Setjen Kemenkeu.

Berlangsung di aula Gedung Keuangan Negara Manado, acara rutin tahunan ini diikuti Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Kanwil DJKN Suseltrabar, Kanwil DJKN Kaltimtara dan Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku yang diwakili oleh masing-masing Kepala Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi, Kepala KPKNL, Kepala Seksi Hukum dan Kepala Seksi Hukum dan Informasi. (t:@wD/f:yoel)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :