VISIT DJKN 2017

Dua Kampus Timba Ilmu Keuangan Negara di KPKNL Lhokseumawe


Diunggah oleh : Muhammad Riza Aulia Mtd Tanggal : 20 Maret 2017 Update : 21 Maret 2017, pukul 21:53 Dibaca : 667 kali
Dua Kampus Timba Ilmu Keuangan Negara  di KPKNL Lhokseumawe

Lhokseumawe – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lhokseumawe Nofiansyah mengundang lima puluh mahasiswa dari Politeknik Negeri Lhokseumawe dan IAIN Lhokseumawe untuk mengikuti seminar Pengelolaan Keuangan Publik, dengan materi Pengelolaan Kekayaan Negara, Piutang Negara dan Lelang. Acara diadakan di Aula KPKNL Lhokseumawe pada 15 Maret 2017.

Pria yang sering disapa Ian ini menjelaskan bagaimana keuangan negara diatur sedemikian rupa, mulai dari perencanaan anggaran, penetapan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) menjadi undang-undang, eksekusi pelaksanaan anggaran untuk pembangunan, pengawasan hingga pelaporan keuangan yang menjadi tanggung jawab eksekutif dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Pemerintah dalam melaksanakan tugasnya tidak luput dari pengawasan dan pemeriksaan atas pengelolaan keuangan negara oleh BPK” papar Ian. Materi disampaikan dengan banyak ilustrasi problematika ekonomi rumah tangga dan negara menjadikan dapat mudah dimengerti oleh mahasiswa.

Dalam seminar itu juga diundang narasumber dari praktisi perbankan Sarah Puspita yang mengenalkan peran perbankan dalam perekonomian, pola pikir dan perilaku mahasiswa dalam perekonomian modern yang perlu diantisipasi oleh generasi muda sebagai generasi penerus.

Selanjutnya materi demi materi disampaikan oleh narasumber seperti Sastra Wijaya dan Yoga menyajikan Pengelolaan Kekayaan Negara, Marwan Sembiring materi Penilaian BMN/D, Teuku Tepong dan Andri DP materi Pengelolaan Piutang Negara, Maradop dan Riza Aulia materi mengenai Lelang.

Nerva yang menjadi MC yang menghibur,sertaLive musik yang dilantunkan  oleh LSW Band dengan enam lagu lagu top 40 nya memberikan warna ceria dan semangat kepada semua peserta, ditambah dengan quiz online yang dibuat oleh Riza Aulia Matondang menjadikan acara ini sangat interaktif Karena banyak hadiah coklatnya.

Acara ini dikemas dengan bagus dan anak muda banget, para pematerinya menyampaikan penuh semangat, membuat semua peserta yang hadir tetep fokus, apalagi ada band hadiah quiznya” demikian papar Nisfaul Mahasiswi Poltek Negeri Lhokseumawe, Taufiqurrahman sebagai pengarah acara dalam kesmpatan itu memaparkan agar peserta yang mengikuti seminar dapat memahami betapa pentingnya pengelolaan keuangan negara secara menyeluruh, pengelolaan kekayaan negara, piutang negara dan lelang.

KPKNL Lhokseumawe menggugah semangat Mahasiswa untuk dapat berperan aktif belajar dan bila perlu melakukan studi bagaimana melakukan pengelolaan keuangan negara/publik yang efesien, efektif dan optimal. Diharapkan hasil studi dapat menjadi kontribusi bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Selanjutnya KPKNL Lhokseumawe siap memberikan kontribusi, dengan menjalankan tugas pokok fungsi sebaik-baiknya kepada masyarakat di wilayah kerja KPKNL Lhokseumawe, dengan pelayanan pemanfaatan Barang Milik Negara, Pelayanan Penilaian BMN/BMD, Pelayanan Penyelesaian Piutang Negara/Daerah serta Pelayanan Lelang yang berkualitas. (Text KPKNL Lhokseumawe/Foto wakhid Romadhon)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :