ORGANISASI KERJA

DJKN Optimalkan Layanan Kesekretariatan Berbasis Web


Diunggah oleh : Dwinanto Tanggal : 21 Maret 2017 Update : 22 Maret 2017, pukul 18:36 Dibaca : 628 kali
DJKN Optimalkan Layanan Kesekretariatan Berbasis Web

Pangkalpinang – Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Lelang (DJKN) bekerja sama dengan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) melakukan Sosialisasi Aplikasi Kesekretariatan Berbasis Web pada 14 Maret 2017 di Pangkalpinang.  

Dalam sambutannya Kepala KPKNL Pangkalpinang Miftahul Huda meminta jajarannya untuk mengoptimalkan layanan kesekretariatan melalui aplikasi berbasis web.

Huda menyampaikan pengembangan teknologi informasi sebaiknya mendukung kebutuhan pegawai, baik cuti, perjalanan dinas maupun kinerja dalam bentuk aplikasi berbasis web. Sejak tahun 2016, KPKNL Pangkalpinang telah menggunakan  aplikasi SMARt (Sistem Monitoring Aktivitas Rutin). “Dengan adanya aplikasi berbasis web ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pegawai”, tambah Huda.

SMARt merupakan kombinasi modul personal, modul APT (Area Pelayanan Terpadu) dan modul persuratan. Hal ini dapat membantu digitalisasi proses bisnis dapat mempersingkat waktu persuratan sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, dengan adanya Aplikasi Perjalanan Dinas (ALADIN) yang terkoneksi langsung dengan aplikasi Digital Attendence National System (DIANAS), operator DIANAS tidak perlu lagi meng-update secara manual kondite pegawai yang mendapatkan tugas luar kantor.

Cuti Online dan Aplikasi Perjalanan Dinas yang mulai dilaksanakan1 Maret 2017 memungkinkan pengajuan cuti tahunan dilakukan secara online baik melalui web browser dengan alamat: hris.e-prime.kemenkeu.go.id ataupun dengan download aplikasi e-prime yang sudah tersedia di AppStore dan GooglePlay.

Pada kesempatan lain juga dibahas, materi Dialog Kinerja Individu yang sangat penting mengingat batas waktu pengisian untuk Periode I adalah 31 Maret 2017. Dialog Kinerja Organisasi merupakan komunikasi formal antara pimpinan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai di bawahnya untuk mendiskusikan pencapaian strategi, kinerja, resiko dan rencana aksi organisasi yang akan dilaksanakan seara terstruktur dan berkala sesuai dengan periode yang telah ditetapkan. Dialog Kinerja Individu sendiri adalah komunikasi atasan langsung dengan bawahan yang tidak memiliki peta strategi untuk mendiskusikan kinerja individu.

Acara tersebut juga akan dilakukan Uji coba aplikasi ALADIN untuk kantor vertikal. Aladin (Aplikasi Perjalanan Dinas) merupakan aplikasi berbasis web yang diharapkan mampu menyederhanakan pelaksanaan monitoring kehadiran pegawai yang melaksanakan tugas dalam kota maupun luar kota.

Aplikasi Aladin sudah terintegrasi dengan aplikasi Dianas (aplikasi absensi pegawai) sehingga memberikan kemudahan dalam proses penerbitan surat tugas, surat perintah perjalanan dinas, dan proses pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan mekanisme pembayaran.

Di akhir acara Kepala Seksi  Pusat Data dan Layanan Informasi Direktorat PKNSI Salman Paris Muda mengharapkan agar modul-modul ini dapat segera diimplementasikan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut para Kepala Sub Bagian Umum di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu serta Kanwil DJKN Sumatera Selatan Jambi dan Bangka Belitung. (Humas KPKNL Pangkalpinang)

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :