TRAINING OF TRAINER SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET NEGARA

DJKN Mulai Gunakan SIMAN pada Rekonsiliasi BMN Semester I Tahun 2015


Diunggah oleh : Niko Prastiya Tanggal : 26 Mei 2015 Update : 27 Mei 2015, pukul 13:36 Dibaca : 2.187 kali
DJKN Mulai Gunakan SIMAN pada Rekonsiliasi BMN Semester I Tahun 2015

Jakarta – Rekonsiliasi Barang Milik Negara Semester I Tahun 2015 akan menggunakan sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN.Red), hal tersebut disampaikan oleh Kasubdit Perencanaan Pengembangan Sistem Aplikasi Acep Irawan dalam kegiatan training of trainer yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi di Kantor Pusat DJKN (26/5). Melalui menu pemutakhiran data BMN, kita akan mampu meng-update data SIMAN yang bersumber dari Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN), hal ini akan dapat digunakan dalam pelaksanaan rekonsiliasi BMN secara mandiri.

Salah satu kelebihan rekonsiliasi BMN melalui Aplikasi SIMAN menurut Acep, dapat memudahkan konsolidasi data yang sebelumnya dilakukan secara manual melalui pengiriman data pada akhir periode rekon antara server Kantor operasional ke server kantor pusat, melalui SIMAN konsolidasi data dilaksanakan secara real time. Selain itu Petugas Rekonsiliasi BMN tidak harus langsung datang ke KPKNL untuk menyampaikan Arsip Data Komputer (ADK), melalui SIMAN setiap satker yang memiliki koneksi internet, dapat melakukan rekonsiliasi dan mencetak Berita Acara Rekonsiliasi (BAR). “Dalam hal tidak terdapat selisih, setiap petuga tinggal datang ke KPKNL untuk pengesahan BAR saja”, ujar Acep. “Hal ini tentunya akan mempermudah rekonsiliasi BMN  pada kantor operasional dengan jumlah satker yang sangat banyak”, tambah Acep.

Kegiatan TOT ini merupakan gelombang pertama dengan peserta dari seluruh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang regional Indonesia Barat, rencananya gelombang kedua akan digelar pada tanggal 28 dan 29 Mei dengan peserta dari perwakilan KPKNL Regional Timur. Selain perwakilan KPKNL, Direktorat PKNSI juga akan menyelenggarakan kegiatan sejenis dengan mengundang peserta dari Kantor Wilayah yang akan dilaksanakan pada pertengahan Juni dan peserta Kantor Pusat pada akhir Juni.

Acep menambahkan gencarnya persiapan yang diselenggarakan oleh Direktorat PKNSI ini semata-mata untuk mempermudah pelaksanaan pengelolaan BMN oleh DJKN pada seluruh lini baik pusat maupun vertikal melalui penggunaan SIMAN. Pegawai DJKN pada kantor operasional merupakan kepanjangan tangan dari pengelola barang, diharapkan pegawai DJKN pada kantor operasional memiliki pengetahuan yang memadai sehingga dapat mensosialisasikan penggunaan SIMAN pada seluruh Satuan Kerja pada wilayah kerja Kantornya. Selain melakukan kepada satker di wilayah kerjanya, para peserta juga diharapkan dapat melakukan transfer knowledge kepada operator SIMAN dikantornya masing-masing.

Seiring dengan upaya penyempurnaan SIMAN agar mampu secara komperhensif menjawab tantangan dalam pengelolaan BMN, Acep menyampaikan bahwa Direktorat PKNSI membuka saluran seluas-luasnya dalam upaya konsulatasi, keluhan, maupun saran terkait kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan SIMAN ini. “Saran dan keluhan seluruh satker dapat disampaikan melalui forum komunikasi, help desk TIK DJKN, maupun  kepada rekan-rekan pada kantor operasional dan diteruskan kepada kami”, ujar Acep. (Niko-Humas DJKN)

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :