PELAYANAN LELANG

Dengan e-Auction PNBP Jadi Maksimal


Diunggah oleh : Elizabeth Kurniasih Christina Tanggal : 17 Oktober 2016 Update : 18 Oktober 2016, pukul 16:32 Dibaca : 656 kali
Dengan e-Auction PNBP Jadi Maksimal

Medan - Pada Kamis, 13 Oktober 2016 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan  melaksanakan lelang Penghapusan Barang Milik Negara (BMN) berupa 2 (dua) unit kendaraan dinas roda 4 berupa minibus merk Toyota/Kijang Super KF 80 Long tahun 1996 dan minibus merk Toyota/Kijang Super KF Short tahun 1998 dan 1(satu) unit kendaraan roda dua merk Honda/GL M-II tahun 2002. BMN tersebut merupakan barang inventaris KPKNL Medan.

Bertempat di ruang rapat KPKNL Medan Gedung Keuangan Negara Unit II Lantai 2, pelaksanaan lelang diadakan melalui e-Auction/lelang internet sehingga pelelangan tidak dihadiri oleh para peserta lelang. Pejabat lelang cukup memantau pergerakan penawaran dari layar monitor komputer  kantor.

Pelaksanaan  lelang dipimpin oleh Pejabat Lelang Kelas I sekaligus Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Arieffadillah dibantu oleh staf dari Seksi  Lelang Anri Sinaga dan disaksikan oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi serta tak ketinggalan suport penuh dari Kepala KPKNL Medan.

Pelaksanaan lelang melalui internet memang praktis dan ekonomis, Pejabat Lelang dapat menjangkau pembeli/peserta lelang dari berbagai kota. Dalam pelaksanaanya tak ada kerja sama antar peserta, tidak ada intimidasi antar peserta lelang sehingga hasil pelelangan dapat  melampaui nilai limit.

Dalam lelang kali ini, ada 25 (dua puluh lima) orang peserta yang ikut dan menawar sehingga rally penawaran sangat mendebarkan. Masing-masing peserta bergantian menawar terlebih di detik-detik terakhir. Semua kendaraan yang dilelang laku terjual dan hasilnya sungguh memuaskan yaitu mencapai kurang lebih 350% melampaui nilai limit.

Hasil tersebut semuanya masuk rekening Kas Negara. Dari hasil tersebut di atas sudah terbukti bahwa inovasi lelang e-Auction sukses menambah pundi pundi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Secara keseluruhan pelelangan berjalan lancar, baik dari segi teknis aplikasi maupun koneksi jaringan.

(Berita/Foto :Seksi HI KPKNL Medan)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :