REVALUASI BMN

Bersiap Revaluasi BMN, KPKNL Palembang Bentuk Database


Diunggah oleh : Muhammad Kahfi Tanggal : 23 Maret 2017 Update : 25 Maret 2017, pukul 11:13 Dibaca : 704 kali
Bersiap Revaluasi BMN, KPKNL Palembang Bentuk Database

Palembang – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang melakukan survei pembanding tanah di wilayah kota metropolis Palembang yang dimulai sejak Februari 2017 lalu.

Tujuan survei tersebut adalah dalam rangka pembentukan database analisis properti dan persiapan revaluasi aset tahun 2017 sampai dengan 2018 terhadap Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah.

Kegiatan yang hingga Maret 2017 ini masih berlangsung, menargetkan sebanyak 270 bidang tanah dengan mengerahkan 5 (lima) tim survei yang beranggotakan 2 (dua) orang. Setiap tim mendapat wilayah survei di 2 (dua) kecamatan berbeda.

Perlu diketahui wilayah survei KPKNL Palembang teridiri dari 8 Kecamatan yaitu Ilir Barat I, Ilir barat II, Ilir Timur I, Ilir Timur II, Bukit Kecil, Gandus, Kemuning dan Kalidoni yang dibawahnya terdapat 58 kelurahan. Dengan wilayah seperti itu tentu menjadi tantangan tersendiri untuk KPKNL Palembang.

Sumber data juga beragam, dari data lelang, informasi broker, media ataupun menanyakan langsung sebuah transaksi penawaran atau jual beli. Mengingat keluasan area dan keberagaman sosial budayanya kota Palembang, dibutuhkan ketrampilan khusus cara berkomunikasi yang baik dengan masyarakat sehingga akan menghasilkan data informasi yang akurat dan dapat digunakan sebagai obyek pembanding dalam penilaian tanah, terutama untuk keperluan revaluasi BMN tahun 2017 sampai dengan 2018.

Kendala yang dihadapi adalah sulitnya menemukan tanah kosong, rata-rata setiap obyek pembanding terdapat tanah berserta bangunan sehingga perlu diekstraksi dengan teknik teetentu. Kendala lainnya adalah sulitnya menentukan lokasi obyek dalam satu wilayah karena objek survei berupa tanah rawa dengan bentuk tanah tidak beraturan .

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :