FGD PENILAIAN KPKNL PURWOKERTO

Berbagi Pengetahuan dengan IAIN Purwokerto yang Bersiap Menjadi UIN


Diunggah oleh : Sri Supangati Tanggal : 31 Agustus 2016 Update : 2 September 2016, pukul 09:35 Dibaca : 1.338 kali
Berbagi Pengetahuan dengan IAIN Purwokerto yang Bersiap Menjadi UIN

Purwokerto - Senin, 29 Agustus 2016, pukul 14.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwokerto menjadi narasumber dalam acara Focus Group Disscusion (FGD) tentang penilaian Barang Milik Negara (BMN) atas permintaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

FGD berlangsung di Ruang Sidang Lantai II IAIN Purwokerto, dihadiri oleh tim dari IAIN Purwokerto yaitu Wakil Rektor, para Dekan dan pegawai, serta Kepala KPKNL Purwokerto, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian dan Tim Penilai.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor II IAIN Purwokerto Drs. H. Asdlori, M.Pd.I. Dalam sambutannya Asdlori menyampaikan terima kasih kepada KPKNL Purwokerto atas kerja sama yang baik selama ini sehingga dapat mengantarkan IAIN (dahulu STAIN) meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2 (dua) kali berturut-turut sejak tahun 2014-2015, dan berharap adanya FGD dapat lebih mempererat hubungan kerja sama tersebut sekaligus menjadi bekal perubahan IAIN Purwokerto menjadi Universiatas Islam Negeri (UIN) Purwokerto.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan profil, visi dan misi KPKNL Purwokerto. Edy Suyanto, Kepala KPKNL Purwokerto menyampaikan tentang tugas dan fungsi KPKNL yang meliputi Pengelolaan Kekayaan Negara, Pelayanan Penilaian, Pengurusan Piutang Negara dan Pelayanan Lelang dikaitkan dengan peran DJKN sebagai revenue center.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Purwokerto Rino Priyanto yang memaparkan seluk beluk penilaian BMN, baik prosedur maupun syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam mengajukan penilaian BMN.

Menyambung materi tersebut, Tim Penilai KPKNL Purwokerto menjelaskan rangkaian penilaian yang telah dilaksanakan di IAIN Purwokerto. Sebagai contoh penilaian kendaraan yang diawali dengan adanya permohonan penghapusan kendaraan, ditindaklanjuti dengan penilaian dan survei lapangan dan dituangkan dalam Berita Acara Survey Lapangan (BASL). Selanjutnya mencari pembanding sebagai dasar adjusment untuk memperoleh nilai wajar.

FGD dilanjutkan dengan tanya jawab yang dimoderasi oleh Kepala Bagian Administrasi Umum IAIN Purwokerto, Sapuan. Di akhir sesi tanya jawab Sapuan menyampaikan bahwa FGD ini benar-benar memberikan pencerahan dan pemahaman tentang penilaian yang dilakukan oleh KPKNL.

Acara ditutup oleh Wakil Rektor II IAIN Purwokerto yang menyampaikan bahwa serangkaian penilaian yang telah dan akan dilakukan oleh KPKNL Purwokerto atas permohonan dari IAIN adalah dalam rangka mempersiapkan IAIN Purwokerto menjadi UIN Purwokerto. (Teks: Sri Supangati, Foto : Seksi PP)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :