PIUTANG NEGARA

Bahu-membahu Urus Piutang Iuran BPJS Ketenagakerjaan


Diunggah oleh : Juni Juanita Siburian Tanggal : 22 Oktober 2015 Update : 26 Oktober 2015, pukul 13:29 Dibaca : 611 kali
Bahu-membahu Urus Piutang Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Kisaran – Selasa (13/10) bertempat di Ruang Rapat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kisaran, diadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengurusan Piutang BPJS Ketenagakerjaan. Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Labuhanbatu Selatan, serta pegawai KPKNL Kisaran. “Sosialisasi ini diadakan untuk menyamakan persepsi antara KPKNL Kisaran dan BPJS Ketenagakerjaan terkait pengurusan piutang iuran BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Kepala KPKNL Kisaran Sabar Marpaung.

Pemaparan terkait pengurusan piutang BPJS Ketenagakerjaan ini disampaikan oleh Kepala KPKNL Kisaran didampingi Kepala Seksi Piutang Negara Zainal Abidin. Sabar menjelaskan visi, misi, tugas, dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) secara umum, kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN), serta penyerahan pengurusan piutang negara kepada PUPN atau DJKN. Selanjutnya, Zainal menyampaikan perjanjian kerja sama DJKN dengan BPJS Ketenagakerjaan, prosedur kerja pengurusan piutang iuran dan denda BPJS Ketenagakerjaan. Lebih lanjut Zainal menjelaskan tentang data penyelesaian piutang iuran oleh BPJS Ketenagakerjaan serta permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan pengurusan piutang iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Selama acara berlangsung antusiasme perwakilan BPJS Ketenagakerjaan tampak dari pertanyaan-pertanyaan yang membawa peserta pada diskusi seru. Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan juga menyampaikan beberapa kendala dalam pengurusan piutang iuran ini yang segera ditanggapi oleh KPKNL Kisaran. Pada kesempatan ini juga, Zainal Abidin menyampaikan sebelum pengurusan piutang iuran BPJS Ketenagakerjaan diserahkan kepada KPKNL, sebaiknya diverifikasi terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan agar piutang yang diurus KPKNL Kisaran adalah piutang BPJS Ketenagakerjaan oleh perusahaan yang tidak aktif membayar iuran.

Perwakilan BPJS berharap agar acara seperti ini dapat dilaksanakan lagi di kemudian hari guna meningkatkan sinergi antara KPKNL dan BPJS Ketenagakerjaan. “KPKNL Kisaran dan BPJS Ketenagakerjaan harus baru-membahu terkait urusan piutang negara ini karena merupakan tanggung jawab bersama,” ungkap, Eddy, perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran (Tim Peliputan KPKNL Kisaran)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :