MANAJEMEN KERJA

Audiensi Pemprov Sulut dan Kanwil DJKN Suluttenggomalut


Diunggah oleh : Jeaniva Thirza Tereshkova Najoan Tanggal : 27 Februari 2017 Update : 28 Februari 2017, pukul 06:19 Dibaca : 408 kali
Audiensi Pemprov Sulut dan Kanwil DJKN Suluttenggomalut

Manado – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) kembali bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) dalam rangka memperkenalkan tugas dan fungsi DJKN.

Audiensi Pemprov Sulut dan Kanwil DJKN Suluttenggomalut dilaksanakan pada Kamis (23/02) bertempat di ruang rapat  Sekretariat Provinsi Sulawesi Utara.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Kepala Bidang PKN, Kepala Bidang Penilaian, Kepala Seksi Penilaian dan Sekretaris Provinsi Sulut serta jajaran dari Dinas Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (DPK-BMD).

Pada kesempatan pertama, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Ferdinan Lengkong memaparkan tugas dan fungsi DJKN serta kontribusi Kanwil DJKN Suluttenggomalut terhadap pelaksanaan tugas Pemprov. Sulut.

“Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir kami telah membantu Pemda dalam melakukan penilaian terhadap BMD (Barang Milik Daerah-red) terkait penyusunan Laporan Keuangan Pemda sehingga tercapai opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian-red). Selain itu, dalam menjalankan fungsinya disamping melakukan penilaian BMD yang ditindaklanjuti dengan lelang, tahun 2016 DJKN juga telah menghasilkan Pendapatan Asli Daerah melalui pokok lelang dari pelaksanaan lelang BMD sebesar Rp.3.501.558.000,- dan sebesar Rp.1.220.880.500 dari BPHTB.” jelasnya.

Pelaksanaan Penilaian BMD oleh Penilai DJKN saat ini telah diatur kewenangannya. Permohonan penilaian dari Pemkot/Pemkab dilakukan oleh Penilai KPKNL dan Permohonan penilaian dari Pemprov dilakukan oleh Penilai Kanwil DJKN.

“Merujuk aturan tersebut semoga menjadi pedoman Pemda dalam mengajukan permohonan penilaian,” tambah Ferdinan. 

Lebih lanjut Ferdinan menyampaikan alur proses pengelolaan Piutang Daerah guna meningkatkan pendapatan daerah. “Cara penanganan dan penyelesaian tentunya harus lebih dulu diketahui. Kami siap membantu dalam rangka pengurusan Piutang Daerah” tukasnya.

“Semoga kerjasama yang telah terjalin dengan Pemda Sulut tetap dipertahankan dan sinergi antar dua institusi dalam pengelolaan BMD terus berjalan dengan baik”. harap Ferdinan.

Selanjutnya, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara, Edwin H. Silangen menyampaikan apresiasi terhadap bantuan Kanwil DJKN Suluttengomalut kepada Pemda Sulut.

“Penilaian yang telah dilaksanakan sangat membantu kami dalam menyusun Laporan Keuangan untuk mencapai WTP. Disamping itu, kami menyampaikan apresiasi terhadap capaian PAD yang dihasilkan dari lelang BMD dan BPHTB selama tahun 2016 sebesar Rp. 4.722.438.500,-. Angka ini cukup signifikan bagi Pemprov Sulut mengingat telah mencapai milyaran rupiah” ungkap Edwin.

Terkait pengurusan Piutang Daerah, Edwin menyampaikan bahwa akan ditindaklanjuti dengan perhatian khusus dalam menggali potensi Piutang Daerah.

“Kunjungan kerja yang dilakukan Kanwil DJKN Suluttenggomalut memberikan pencerahan kepada kami khususnya terkait pengurusan Piutang Daerah, kami akan lebih intens lagi dalam menggali potensi piutang daerah tersebut. Harapan kami semoga kerjasama ini dapat berjalan lebih baik lagi kedepannya” pungkas pria kelahiran manado tersebut.

Di penghujung acara dilakukan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Laporan Hasil Penilaian. (Jeaniva Thirza Tereshkova Najoan - Kanwil DJKN Suluttenggomalut)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :