SERTIFIKASI BMN

97 Bidang Tanah Negara di Luwu Raya, Toraja dan Enrekang Berhasil Diamankan


Diunggah oleh : Muhammad Noor Akhmad Tanggal : 19 Maret 2016 Update : 24 Maret 2016, pukul 08:56 Dibaca : 557 kali
97 Bidang Tanah Negara di Luwu Raya, Toraja dan Enrekang Berhasil Diamankan

Palopo - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palopo berhasil mengamankan aset negara dengan  menyertifikatkan 97 bidang tanah. “Capaian ini sudah 100% dari target program Percepatan Sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) berupa Tanah Tahun 2015 untuk KPKNL Palopo,” ucap Kepala KPKNL Palopo, Mohamad Lukman Saleh.

Penerbitan sertifikat tersebut adalah hasil kerja sama KPKNL Palopo dengan Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Palopo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu Timur, Kab. Tana Toraja, dan Kab. Enrekang.

Melanjutkan capaian 2015, pada tahun ini Kementerian Keuangan bersama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menetapkan target nasional untuk mensertifikatkan 3.350 bidang tanah BMN. Demikian Lukman menjelaskan.

Provinsi Sulawesi Selatan  mendapat target sebanyak 125 bidang tanah. “35 bidang tanah diantaranya menjadi target sertifikasi BMN 2016 untuk KPKNL Palopo,” ujar Lukman.

Lebih lanjut Lukman menjelaskan bahwa aset negara berupa tanah menjadi perhatian utama dalam upaya pengamanan aset negara karena pada kenyataannya banyak bidang tanah yang diakui kepemilikannya oleh pihak lain. “Program pensertifikatan ini merupakan salah satu bentuk pengamanan hukum,” Lukman menegaskan.

Untuk target 2016 yang diantaranya akan menyertifikatkan tanah jalan nasional (tajanas) dan tanah kantor pemerintah, Mohamad Lukman Saleh memiliki harapan agar pelaksanaannya lebih baik dari tahun sebelumnya.

Atas nama KPKNL Palopo Lukman memberikan penghargaan kepada Kantah Kota Palopo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Timur, dan Kab. Tana Toraja atas kerja samanya sehingga dapat menyelesaikan target penyertifikatan sampai akhir tahun 2015.

Sebelumnya penghargaan serupa kepada Kantah Kab. Enrekang dan Kab. Luwu Utara telah diberikan secara terpisah. (Teks : Adhitya/Fotografer : Agus Gede)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :