PEMBINAAN KEPALA KANWIL DJKN JATIM KE KPKNL SIDOARJO

Kakanwil DJKN Jatim : Jangan Permisif! Bekerja Harus Sesuai SOP


Diunggah oleh : Evisari Eresti Melani Tanggal : 22 Maret 2017 Update : 23 Maret 2017, pukul 12:59 Dibaca : 345 kali
 Kakanwil DJKN Jatim : Jangan Permisif! Bekerja Harus Sesuai SOP

Sidoarjo – Dalam melaksanakan pekerjaan, pegawai harus mampu bekerja sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP) dan jangan melakukan kesalahan, walau kecil. “Jangan permisif! Semua syarat lengkap, harus dipenuhi. Bekerja (harus-red) sesuai SOP. Jangan memberi toleransi pada kesalahan kecil karena akan membuka celah bagi terjadinya kesalahan besar. Untuk itu dalam bekerja setiap pegawai harus detail, cermat, berhati-hati dan selalu berpedoman dengan ketentuan yang berlaku,” pesan Etto Sunaryanto, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur (Kanwil DJKN Jawa Timur) pada kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo,  Senin (20/3).

Selanjutnya, Etto menyampaikan 6 hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama, sumber daya manusia pada KPKNL Sidoarjo dengan jumlah pegawai 42 orang dirasa sudah sesuai dengan hard competency. Kedua, capaian indikator kinerja utama (IKU) perlu di-manage. Apabila kelebihan perlu dikendalikan jika kekurangan perlu penggalian potensi. Ketiga, anggaran harus digunakan dengan prinsip keadilan. Keempat, koordinasi dan  kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), penegak hukum, satuan kerja binaan. Kelima, fungsi kehumasan untuk mengenalkan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui berita dengan judul eye cacthing. Dan yang terakhir, setiap pegawai harus bekerja sesuai SOP dan memberikan kontribusi yang maksimal. Jangan permisif, jika syarat sudah lengkap, jangan takut digugat, pimpinan akan mem-back up.

Sementara itu, Kepala KPKNL Sidoarjo Asep Suryadi bangga mendapat kunjungan pertama dari Kepala Kanwil dan Jajarannya. Dalam sambutannya, Ia memaparkan kinerja triwulan I KPKNL Sidoarjo. Capaian Kinerja KPKNL Sidoarjo untuk Triwulan I rata - rata sudah tercapai kecuali dari pokok lelang dan bea lelang, Sedangkan untuk capaian manfaat ekonomi pengelolaan kekayaan negara masih nihil karena masih melakukan koordinasi dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Satuan Kerja (Satker) di wilayah KPKNL Sidoarjo berjumlah 255 tersebar di wilayah Sidoarjo, Pasuruan dan Mojokerto. Sedangkan terkait, revaluasi Barang Milik Negara (BMN) yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 meliputi tanah, bangunan serta jalan, irigasi dan jaringan, seksi pengelolaan kekayaan negara dan seksi penilaian sudah bersiap, namun masih menunggu  regulasinya.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Umum Muriyanto, Kepala Bidang Piutang Negara Agung Budi Setijadji, dan Kepala Bidang Lelang Samsul Alam. Pembinaan ini merupakan kunjungan pertama Etto sejak dilantik sebagai Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur.

Setelah pembinaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan olah raga berupa pertandingan bola voli , pertandingan bulutangkis serta tenis meja. (Penulis/fotografer: Tim HI KPKNL Sidoarjo )

  • Media Sosial Kami :