Database sebagai Amunisi Penyelesaian Tugas


Diunggah oleh : Bend Abidin Santosa Tanggal : 3 Juni 2014 Update : 10 Juni 2014, jam 13:53 Dibaca : 1.702 kali
Database sebagai Amunisi Penyelesaian Tugas

Pekanbaru – Seperti mau pergi perang, amunisi harus sudah dipersiapkan sebelumnya. demikian salah satu wejangan yang diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) Lukman Effendi dalam salah satu acara rapat persiapan kegiatan penilaian alat navigasi udara yang diselenggarakan di Aula Kanwil DJKN RSK.

Salah satu bentuk “amunisi” di sini selain sarana fisik misalnya mobil, adalah database. Memang tanpa database pun pekerjaan sehari-hari dapat selesai juga, namun tentunya dengan adanya tool ini kecepatan penyelesaian dapat ditingkatkan dan tingkat kesulitan dapat dikurangi.

Dalam rangka menyediakan “amunisi” inilah masing-masing Bidang di Kanwil DJKN RSK membuat database terkait dengan tusinya masing-masing. Bidang Piutang Negara (PN) membuat “Database Piutang Negara 2010-2013” yang berisikan nama-nama debitur per penyerah piutang, mutasi, saldo akhir, dan hal terkait PN lainnya pada masing-masing KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN RSK.

Bidang Lelang membuat database yang kurang lebih mirip dengan Bidang PN hanya saja data yang terkandung di dalamnya adalah yang menyangkut tusi lelang, termasuk di dalamnya kegiatan lelang yang telah dilaksanakan selama tahun 2010-2013. Bidang Penilaian membuat “Database Laporan Hasil Penilaian Properti seluruh KPKNL dan Kanwil DJKN RSK Tahun 2012 dan 2013”,  “Katalog Material DKPB”, dan “Indeks data harga properti Kanwil DJKN RSK”.

Bidang PKN membuat Laporan BMN tingkat Wilayah Tahun 2013 yang berisikan rekapitulasi nilai BMN dari masing-masing satuan kerja di wilayah Kanwil DJKN RSK disertai dengan narasi berbentuk executive summary yang menerangkan isi laporan tersebut. Laporan berbentuk database yang satu ini dapat dikatakan langsung menyangkut core business DJKN yang adalah pengelola kekayaan negara.

Bidang KIHI membuat “Kanwil DJKN RSK dalam Berita – 2013” yang berisikan rekapitulasi seluruh berita yang dibuat dan terkait dengan Kanwil DJKN RSK selama tahun 2013 dengan jumlah total sebanyak 52 berita. Selain itu Bidang KIHI juga membuat yang berisi rangkuman perkara yang ditangani oleh KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN RSK selama kurun waktu 2010-2013.

Dengan “amunisi” yang komprehensif ini diharapkan proses pelayanan publik dan pengambilan keputusan pada Kanwil DJKN RSK dapat lebih efektif dan efisien. (Timothée K.M.)

 

Foto-foto terkait artikel :

  • Media Sosial Kami :