KPKNL Parepare
BERITA UTAMA
Dalam rangka percepatan tindak lanjut penyelesaian Revaluasi Barang Milik Negara (BMN), KPKNL Parepare mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tindak Lanjut Temuan BPK Atas Revaluasi BMN Tahun 2017-2018. Rangkaian kegiatan berlangsung selama dua hari
Profil KPKNL Parepare

Kota Parepare merupakan daerah yang menghadap ke selat Makassar dengan luas wilayah 99,33 km2. Kota ini berada di tepi laut dengan kontur wilayah sebagian berbukit yang menjadikan Kota Parepare memiki pesona tersendiri. Sebagai jalur transportasi darat dan laut yang menghubungkan antar kota dengan kota lainnya di wilayah Sulawesi Selatan maupun Nusantara, Kota Parepare dapat ditempuh dengan jalur tranportasi darat selama kurang lebih empat jam dengan jarak tempuh 155 km ke arah utara dari Kota Makassar. Salah satu tokoh terkenal yang lahir kota ini adalah B.J Habibi Presiden ke-3 RI. Kota yang berjulukan Bandar Madani ini berbatasan dengan Kabupaten Pinrang di sebelah utara, Kabupaten Sidenreng Rappang di sebelah timur, dan Kab. Barru di sebelah selatan. Pelabuhan Nusantara sebagai Bandar Madani menghubungkan Kota Parepare dengan kota kota dipesisir Kalimantan, Surabaya, dan kota pelabuhan lainnya di Indonesia Timur.


Di Kota Parepare terdapat 4 (empat) instansi vertikal Kementerian Keuangan, salah satunya adalah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Parepare. Sebagai unit vertikal yang berada di bawah Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat di Makassar, KPKNL Parepare secara resmi didirikan pada awal tahun 2002 dengan nama Kantor Pelayanan Piutang dan Lelang Negara (KP2LN) Parepare, yang sejalan dengan reorganisasi di lingkungan Departemen Keuangan pada akhir tahun 2001 dan sesuai Keputusan Presiden Nomor 84 Tahun 2001 jo. Keputusan Presiden Nomor 228/M Tahun 2001 jo. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 2/KMK.01/2001 jo. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 445/KMK.01/2001. Terakhir, panataan organisasi KPKNL Parepare didasari atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tanggal 06 November 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016 tanggal 30 Desember 2016.

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, KPKNL Parepare berkantor di Jalan Jenderal Sudirman No. 49, Kota Parepare memliki cakupan wilayah kerja yang meliputi 1 (satu) kota dan 6 (enam) kabupaten yaitu Kota Parepare, Kabupaten Barru, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Wajo, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Bone. Layanan yang diberikan oleh KPKNL Parepare antara lain layanan pengelolaan kekayaan Negara, layanan lelang, layanan pengurusan piutang negara, dan layanan penilaian. Selanjutnya, struktur organisasi KPKNL Parepare terdiri dari Kepala Kantor, Subbagian Umum, Seksi Pelayanan Lelang, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Seksi Penilaian, Seksi Hukum dan Informasi, Seksi Piutang Negara, dan Seksi Kepatuhan Internal dengan total jumlah pegawai pada awal tahun 2020 sebanyak 30 orang.


KPKNL Parepare dengan motto “SMART” yaitu Santun Melayani, Ramah, dan Tulus selalu bertekad untuk mendukung pengelolaan Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel untuk sebesar besar kemakmuran rakyat dengan pemberian layanan yang maksimal kepada para pemangku kepentingan. Bagi para pemangku kepentingan yang memerlukan layanan KPKNL Parepare dapat langsung datang ke KPKNL Parepare atau dapat pula berkomunikasi melalui kanal-kanal berikut:

Telepon    : (0421) 26678

Email        : kpknlparepare@kemenkeu.go.id

Facebook  : Kpknl Parepare

Twitter      : @KPKNL_Parepare

Instagram : @kpknl.parepare


Wilayah Kerja
Kota Parepare
Kabupaten Pinrang
Kabupaten Bone
Kabupaten Barru
Kabupaten Wajo
Kabupaten Soppeng
Kabupaten Sidenreng Rappang
Peta Lokasi KPKNL Parepare
Alamat Kantor
Jl. Jenderal Sudirman No. 49, Kota Parepare, Sulawesi Selatan 91122
(0421) 26678
(0421) 28068
kpknlparepare@kemenkeu.go.id